PERAN ROHANIAWAN ISLAM DALAM MENGUATKAN MENTAL PASIEN PRA OPERASI PENGANGKATAN RAHIM DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

ahmad Putra

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menjelaskan peran rohaniawan dalam penguatan spiritualitas pasien pra operasi pengangkatan rahim. Hal tersebut dikarenakan pasien terbebani dari sisi pikiran dan mental ketika diharuskan untuk menjalani operasi pengangkatan rahim di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan informan yang menjadi sumber informasi utama ialah rohaniawan Islam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien merasa terbantu dengan bantuan dan pelayanan yang diberikan rohaniawan Islam dalam menjalani operasi pengangkatan rahim. Bantuan tersebut berupa bimbingan spiritual dan menerapkan teknik rational emotive behavior therapy (REBT). Upaya tersebut diberikan dengan tujuan pasien dapat menerima ujian yang Allah berikan, ikhlas untuk menerima dengan lapang dada dan berpikir positif dengan keadaan yang tengah dialami.


Keywords


Mental; Rohaniawan Islam; Spiritualitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i1.2757
Abstract views : 222 times
PDF : 110 times

References


Aryanto, Ihsan, “Pelaksanaan Bimbingan Perawatan Rohani Islam (Warois) Untuk Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien,” Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, Vol. 5, No 3 (2017)

Arifin Isep Zainal, “Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit,” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, Vol. 6, No 1 (Juni 2012)

Ellis Albert dalam A. Burton (Ed.), Operational Theories of Personality, (New York: Brunner/Manzel, 1974)

Hartati Sri dan Rahman Imas Kania, “Konsep Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Berbasis Islam Untuk Membangun Perilaku Etis Siswa,” Genta Mulia, Vol. VIII, No 2 (Juli 2017)

Jarnawi, “Urgensi Layanan Konseling Islam Dalam Upaya Percepatan Pemulihan Pasien Di Rumah Sakit,” Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, Vol. 1, No. 1 Januari Juni (2018)

Kasron dan Sokeh, “Pengaruh Bimbingan Doa Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Preoperasi Di Ruang Instalasi Bedah Sentral RS Islam Fatimah Cilacap,” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, Vol. XII, No 1 (Maret 2019)

Nusuki, “Penggunaan Pendekatan Konseling Rational Emotiv Behavioral Therapy Melalui Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesurupan di SMAN 2 Aikmel,” Jurnal EducatiO, Vol. 9, No 1 (Juni 2014)

Pujiani dan Ainur Rofiqoh, “Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi,” Adi Husada Nursing Journal, Vol. 3, No. 1 Juni (2017)

Riyadi Agus, Abdullah Hadziq dan Ali Murtadho, “Bimbingan Konseling Islam bagi Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang,” Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi, Vol. 05, No 01( Juni 2019)

Supriani Anik dkk, “Pengaruh Bimbingan Relaksasi Spiritual Terhadap Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi di Ruang Sunan Drajat RSI Sakinah Kabupaten Mojokerto,” Jurnal Nurse and Health, Vol. 6, No 2 (Desember 2017)

S Purindra Darma, Shanti Rosmaharani dan Pepin Nahariani, “Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pra OperasI,” Jurnal Ilmiah Keperawatan, Vol. 3, No. 2 September (2017)

Talindong Agustinus dan Minarsih M, “Pengaruh Pelayanan Kebutuhan Spiritual Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Rumah Sakit Woodward,” Jurnal Ilmiah Kesmas IJ (Indonesia Jaya), Vol. 20, No 1 (Februari 2020)

Wardani Lingga Kusuma dan Sari Dhita Kurnia “Analisa Kemampuan Mengontrol Marah Ditinjau Dari Penerapan REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Pada Klien Skizofrenia Di UPT Bina Laras Kras Kediri,” STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 7, No 2 (November 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.