Peran Orang Tua Dalam Membina Kepribadian Remaja

Esli Zuraidah Siregar, Nurintan Muliani Harahap

Abstract


Orangtua adalah sosok ideal dalam pandangan anak remaja, sebagai orangtua harus mampu menjadikan dirinya sebagai teladan dan sosok yang dapat dijadikan contoh remaja dalam berperilaku. Namun pada kenyataannya banyak orangtua yang belum memberikan contoh membentukan nilai-nilai kepribadian yang baik bagi remaja. Selain orang tua factor lain adalah lingkungan yang belum kondusif untuk mendukung pembinaan kepribadian remaja. Minimnya contoh perilaku orang tua serta lingkungan yang kurang mendukung menyebabkan anak memiliki kepribadian emosi yang tidak stabil, mudah tersinggung, berkata kasar, dan kurang menghormati sesama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian remaja dan peran orang tua dalam membina kepribadian remaja di Desa Aliaga Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dengan pendekatan kualitatif, menggunakan analisis deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari orangtua, remaja, masyarakat, tetangga, tokoh agama dan kepala Desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan pengolahan dan analisa data dilaksanakan menyusun dan mengorganisasikan data, kemudian menyeleksi dan mendeskripsikan data. Selanjutnya teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengecekan keabsahan data. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa kepribadian remaja di Desa Aliaga 1) Emosi Positif dan Negatif, emosi negarti susah mengendalikan emosi dan mudah tersinggung. Emosi positif, menghormati yang lebih tua 2) Kebiasaan mudah memafkan 3) Malas melakukan Ibadah. Pembinaan kepribadian remaja dilakukan orang tua dengan memberikan Teladan, Memberikan kebebasan kepada anak untuk menentukan tujuan hidupnya serta bertanggungjawab atas pilihannya, dan menyadarkan anak bahwa keluarga tidak selamanya mendampingi anak. Penelitian ini diharapkan memberi sumbangsih keilmuan untuk peneliti selanjutnya, dan bermanfaat untuk masyarakat desa Aliaga Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas.


Keywords


Pembinaan, Kepribadian, Remaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v13i1.4277
Abstract views : 715 times
PDF : 1690 times

References


Abdullah Nashih Ulwan. (1994). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Aminah

Aliah Puwakania Hasan. (2006). Psikologi Perkembangan Islami. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Andi Prastowo. (2014). Memahami Metode-metode Penelitian. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Arika Sri Maryastuti. (2015). Peran Orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar anak taman kanak-kanak, artikel Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Malang.

Burhan Bungin. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Evi Fitri Yeni. (2017). Peranan orang tua terhadap pembentukan kepribadian anak. Skripsi. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Galang surya gumilang. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling Islam. Jurnal Fokus Konseling Edisi 2 Nomor 2 (2016), Hlm 15. Http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus.diakses pada 30 April 2022

Hasan Manshur. (2002). Metode Islam Dalam Mendidik Remaja. Jakarta: Mustaqim.

Hryantiyoko Neltje F. Katuuk. (1997). MKUD Ilmu social dasar. Jakarta: Gunadarma.

Injakan Pena. (2016). Emosi Sebagai Pembentuk Kepribadian Remaja, (http: www. Co.id.diakses 07 februari 2022 pukul 10.10 wib

Jalaluddin, Asep Komaruddin, Asep Andi Rahman. (2019). Bimbingan orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak. Jurnal Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, Volume 4 No 2.

Mardiyah. (2015). Peran orang tua dalam pendidikan agama terhadap pembentukan kepribadian anak. Jurnal Kependidikan. Volume 3 No 2.

Munandar Soelaeman. (2015). Ilmu Sosial Dasar: Teori dan konsep Ilmu Sosial Dasar. Bandung: Refika Aditama.

Syamsu Yusuf. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda.

Zakiah Daradjat. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.