METODE BELAJAR DARING DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19

Intan Nurfika Maulidya, Nurus Sa’adah

Abstract


Pandemi covid 19 berdampak pada seluruh elemen kehidupan manusia salah satunya ranah pendidikan. Sistem pembelajaran selama pandemi covid 19 berubah dari tatap muka menjadi daring (online). Tujuan kajian inti adalah ingin mengetahui bagaimana pola belajar daring tehadap prestasi belajar siswa di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara langsung dilakukan dengan 3 orang sedangkan dokumentasi data didapatkan melalui https://kumparan.com/kumparannews dan https://www.youtube.com/. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar daring ini terdapat dampak positif dan juga negatif dan pola belajar daring mempengaruhi prestasi belajar siswa dan terdapat beberapa upaya dalam mencegah penurunan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19.

Keywords


Metode Belajar Daring, Prestasi Siswa, Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v14i01.5659
Abstract views : 105 times
PDF : 173 times

References


Fatmawati, Endang., Luluk Firdausiyah., Jasmaniah (2022) Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring (Masa Pandemi Covid 19). Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3).

Marcia ,Agnesty., Nurhafizah (2022) Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring Dan Luring Tehadap Anak Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4).

Ningrum, Pramesthi., Rina Dyah Rahmawati (2022) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Dalam Pembelajaran Daring. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3 (1).

Rosyid, M. Z.dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang : Literasi Nusantara.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1).

Suparno., agnesia hartini., ardianti susila (2022) analisis faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19 mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII C di SMP Negeri 2 tempunak tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pekan, 7(1)

Syafa’ati, Jovana Shelvi Nur., Sucipto., Mila Roysa (2021) Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio: 7(1).

Syafari, Yusneli., Maria Montessori (2021) Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 1. Jurnal Basicedu : 5(3).

Syah, muhibbin. (2017). Psikologi belajar. Grafindo persada.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1)

Vandini, I (2016) Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.