Pengaruh Instagram (Jejaring Sosial) Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF


References
Agarwal, R., & Jones, W. J. (2022). Social Media’s Role in the Changing Religious Landscape of Contemporary Bangkok. Religions, 13(5), 421. https://doi.org/10.3390/rel13050421
Ancok, D., & Suroso, F. N. (2000). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-problem Psikologi (Cet ke-3). Pustaka Pelajar.
Apni, Y., & Setiawan, K. C. (2017). Kematangan Beragama Dengan Perilaku Pacaran Pada Santri MA Di Pondok Pesantren Modern Al-Furqon Prabumulih. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 3(1). https://doi.org/DOI:httpsdoi.org10.19109psikis.v3i1.1395
Auliarahman, L., & Sumadi, S. (2020). The effect of social media marketing and religiosity on perceived value and student’s decision in choosing non-religious program at Islamic higher education. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 2(2), 82–95. https://doi.org/10.20885/ajim.vol2.iss2.art2
Bahri, A. N. (2020). The Influence Of Instagram Da’wah Account On Religious Behavior. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v3i2.8867
Darajat, Z. (1982). Pembinaan Remaja. Bulan Bintang.
Desrianti, D. I., Oganda, F. P., Apriani, D., & Budiman, L. A. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam. Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sos, 1(1), 46–54.
Dwi Utami, L. K., Sudarsana, I. K., Yuliani, N. M., & Piartha, I. N. (2019). The Utilization Of Instragram As The Media To Increase Religious Behavior For Student. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 3(2), 235–239. https://doi.org/10.25078/ijhsrs.v3i2.1135
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Elly, S. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta Dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi Dan Pemecahnya. Prenada Media Group.
Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). New Media: Instagram @sumbar_rancak as a Means of Promoting Tourism in West Sumatra. Al Munir: Islamic Journal of Communication and Broadcasting, 12(1), 106–114.
Gunawan, L., Haryono, S., & Fransisca, A. (2021). Social Media Influencer, Brand Awareness, And Purchase Decision Among Generation Z In Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 18–26. https://doi.org/DOI: 10.9744/jmk.23.1.18–26
Hartini, S., & Hanafi, A. N. (2021). Pengaruh Kredibilitas dan Karakteristik Opinion Leader terhadap Behavioral Intention Konsumen pada Media Sosial Instagram. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 211–226. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.704
Haryanto, H. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi. Edulib.
Jiang, S., & Ngien, A. (2020). The Effects of Instagram Use, Social Comparison, and Self-Esteem on Social Anxiety: A Survey Study in Singapore. Social Media + Society, 6(2), 205630512091248. https://doi.org/10.1177/2056305120912488
Lim, R. P., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh Pengguna Instagram Terhadap Kesehatan Mental Instagramxiety Pada Remaja Di Kota Salatiga. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi. 13(1), 47–66.
Lisnawita, L., Van FC, L. L., & Musfawati, M. (2020). Pengaruh Media Sosial (Instagram) Terhadap Lifestyle Dan Prestasi Akdemik. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1428
Mandoteck. (2020). Pengaruh Media Sosial di Kalangan Remaja, diakses dari https://mandhoteck.wordpress.com/2020/05/03/makalah-tugas- bahasa-indonesia-pengaruh-mediasosial-di-kalangan-remaja/pada tanggal 03 Mei 2020 pukul 21:55 WIB.
Mariyah, F., & Afandi, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Beragama Siswa Dan Siswi Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Kota Padang Panjang. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 56–65.
Masduki, A. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Bagi Remaja. Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.4501
Naddiya, F. A., Firda, I. S. N., & Malaiha, D. S. (2021). Peran Social Media Specialist dalam Meningkatkan Promosi dan Citra Syariah di Akun Instagram @Modalku melalui Digital Marketing. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(2), 255–270. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i2.12623
Nasution, N. A. (2021). Pengaruh Akun Instagram @Haneenakira Terhadap Perilaku Keagamaan Para Followers-nya. An Nadwah, 27(2), 1–5. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v27i2.11207
Nurfitri, A., Rahma, D., Octaverino, M. I. Y., & Aisyi, N. S. R. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Pelajar Muslim Di Era Society 5.0. Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 73–81. http://dx.doi.org/10.30596%2Farrasyid.v2i1.10283
Permata, A. A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial untuk Jual Beli Online di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya melalui Instagram. Jurnal Unair.
Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh Desain Post Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk UMKM Kedai Kopi Di Kabupaten Sleman. ANDHARUPA:Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 187–199.
Pratama, S. Y., & Hamidah, S. C. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p013
Rachmat Kriyantono. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Dsertai Contoh Praktis Riset Media,Ppublic Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. (Ed. 1, cet. 2). Kencana.
Sahaja, I. (2013). Pengertian Media Sosial, Manfaat, dan Jenisnya dari media-sosial-manfaat-dan.html pada tanggal 10 Maret 2020 pukul 09:55 WIB. http://irwansahaja.blogspot.com/2013/05/pengertian-
Sari, N. A., Bukhari, B., Usman, U., & Hamzah, P. K. (2019). Hubungan Motif dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram di Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2014-2017. Al Munir: Islamic Journal of Communication and Broadcasting, 2(2), 74–78. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v2i2.492
Sazali, H., Siregar, Y. D., & Putri, I. A. (2020). The Impact of Instagram Social Media on Religious Behavior of Mosque Youth in Siumbut Baru Village. Malikussaleh Social and Political Reviews, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.29103/mspr.v1i1.2905
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (Seventh edition). John Wiley & Sons.
Sharma, A., Sanghvi, K., & Churi, P. (2022). The Impact of Instagram on Young Adult’s Social Comparison, Colourism and Mental Health: Indian Perspective. International Journal of Information Management Data Insights, 2(1), 100057. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100057
Taufano, R., & Irwansyah, I. (2020). Brand Personality Achmad Zaky Sebagai Chief Executive Officer Bukalapak Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi, 12(2), 211. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.7268
Zulfikar, A. R., & Mikhriani, M. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279–294. https://doi.org/DOI:httpdx.doi.org10.22373al-idarah.v1i2.1663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam