MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI
Abstract
Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran PKn adalah kurang seriusnya siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda diskusi kelompok biasa. Sebagian besar siswa tidak mengikuti jalannya diskusi dengan baik sehingga indikator yang harus dicapai pada pembelajaran saat itu, belum dikuasai oleh siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dicoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan cara melaksanakan pembelajaran melalui metoda pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini diharapkan siswa lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya dibebankan kepadanya dalam kelompok, karena masing-masing siswa akan mengajarkan kembali topik yang dibahasnya dalam kelompok awal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam berdiskusi serta terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Kira-kira 25 orang dari 30 orang siswa sudah menunjukkan keaktifan dalam berdiskusi, oleh karena itu tindakan ini dihentikan. Selanjutnya kita berharap semoga hal ini dapat dilaksanakan secara kontiniu.
Keywords
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Bobbi De Porter-Hernaeki Mike. 1999, Quantum Learning. Bandung. Kaifa. Departemen Pendidikan Nasional. 2005, Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta. Ensiklopedi Nasional Indonesia. 1988. Jakarta. Gordon Dryder-Jeannette Vor,Dr. 2000, The Learning Revolution. Bandung. Kaifa. Kaho, Yoseph Riwn. 1972, Sistem Administrasi Profesional. Jakarta. CV. Rineka Karya. Sutisna, Oteng. 1983, Administrasi Pendidikan Dasar Teori Untuk Praktek Profesional. Bandung. Angkasa. Trianto. 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta. Prestasi Kerja.
DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam