IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 29 PADANG

Rafli Febrian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahuiperencanaan PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 29 Padang, (2) Untuk mengetahui pelaksanaanPPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekertidi SMPN 29 Padang(3) Untuk mengetahui evaluasi PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 29 Padang(4) Untuk mengetahui kendala PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 29 Padang.

Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan   deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan  menggunakan  teknik wawancara, observasi  dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode Snowball SamplingSumber data primer adalah Guru PAI dan data sekunder adalah kepala sekolah, wakil kepala   sekolah dan peserta didik serta buku yang relevan.

Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama,Perencanaan PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di  SMPN 29 Padang adalah dalam perencanaan PPK sudah sesuai dengan perangkat pembelajaran yang mana telah merumuskan nilai-nilai karakter dalam perangkat pembelajaran tersebut. Kedua, Pelaksanaan PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekertidi SMPN 29 Padang adalah dalam pelaksanaan ini penerapan nilai-nilai karakter masih belum sepenuhnya dijalankan, Ketiga,Evaluasi PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekertidi SMPN 29 Padang, adalah dalam evaluasi penilaian sikap dilakukan dengan melalui Nilai tersebut diperoleh dari diperoleh dari 1).Penilaian diri, 2).jurnal pembelajaran PAI dan budi pekerti, 3).Penilaian kegiatanpembiasaan pagi, Keempat, Kendala yang dihadapi PPK melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah 1). faktor pendidik, 2). faktor peserta didik, 3). faktor lingkungan/iklim sosial, 4). faktor sarana prasarana.

Kata Kunci : Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Al-Banjari, Rachmat Ramadhlana. 2008. Membaca Kepribadian Muslim seperti Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press

Arikunto,Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitiansuatuPendekatanPraktek, (Edisi Revisi IV). Jakarta: RinekaCipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru.

Moleong,Lexy. J. 2010. Metodologi  PenelitianKualitatif. Bandung: Rosda  Karya.

Ramayulis, dkk. 2009. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Zaky Press Center.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi,  dan  Aplikasi. Yogyakarta: Teras.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i2.2067
Abstract views : 73 times

References


Al-Banjari, Rachmat Ramadhlana. 2008. Membaca Kepribadian Muslim seperti Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, (Edisi Revisi IV). Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru.

Moleong, Lexy. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Ramayulis, dkk. 2009. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Zaky Press Center.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.