PENILAIAN AUTENTIK SEBAGAI PEMANDU PEMBELAJARAN TEMATIK

Habiba Habiba, Nur Kholillah, Fuaddilah Ali Sofyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik. Metode penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi pustaka. Studi pustaka merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan beberapa buku-buku. Penelitian yang dilakukannya dengan cara menelaah dan membandingkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis. Adapun hasil penelitian menunjukkan, yaitu guru menerapkan penilaian autentik dengan berpedoman pada RPP yang didalamnya terdapat instrumen penilaian. Pada aspek penegtahuan dan sikap diambil dari tes dan penugasan, dan aspek keterampilan diambil dari pengerjaan portofoilio siswa.

Kata Kunci: Penilaian Autentik, Tematik,dan Kemampuan Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v11i2.2175
Abstract views : 217 times
PDF : 1700 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.