Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di MTsN 1 Kota Sungai Penuh Kerinci

Resti Mustika Sihombing, Rosniati Hakim

Abstract


Profesionalitas guru merupakan suatu “keadaan” derajat keprofesian seorang guru dalam melaksanakan tugas pendidikan dan memiliki kemampuan serta keterampilan khusus yang mampu mencapai keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Profesionalitas guru dapat dilihat dari  sikap yaitu kepedulian yang tulus, tanggung jawab guru yang terlibat dalam kelas dan motivasi untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi semua peserta didik kemudian pengetahuan yaitu terkait dengan bahan ajar seperti penguasaan materi pelajaran, keterampilan dalam mengajar dan keahlian dapat dilihat dari cara guru menyampaikan materi di bidang teori dan praktek keguruan sesuai bidang yang ditekuni. Sebagai seorang yang profesional pada bidangnya, guru harus mengetahui dan memahami bacaan Al-Qur’an seperti Ilmu Tajwid. Guru dapat mengajarkan bacaan Al-Qur’an dengan Ilmu tajwid yang baik melalui sejumlah materi tes yang dilakukan secara one by one oleh guru, mengadakan perlombaan MTQ antar kelas, rutin membaca Yasin setiap hari jumat pagi dan setiap setelah apel pagi. Profesionalitas guru melalui 3 Indikator secara umum telah dilaksanakan dengan baik, namun hendaknya ditingkatkan kembali.

Kata Kunci : Profesionalitas Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v11i2.2179
Abstract views : 207 times
PDF : 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.