Pengembangan Model Cooperative Learning tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa di MTsN 1 Pesisir Selatan
Abstract
ABSTRAK
Hoktaviandri, NIM. 88314249, Pengembangan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan, Disertasi, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Konsentrasi Pendidikan Islam, 2020, 466 halaman.
Isu sentral dari penelitian ini adalah pembelajaran SKI kurang diminati oleh peserta didik. Guru sudah berusaha seoptimal mungkin dalam menggunakan model pembelajaran, sementara peserta didik terlihat belum optimal dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan guru. Ditinjau dari aspek hasil belajar, tergambar bahwa nilai SKI tergolong yang paling rendah dibanding mata pelajaran PAI lainnya, yaitu Fiqih, al-Qur’an Hadits, dan Akidah Akhlak. Ditinjau dari aspek guru, belum terlihatnya dampak dari usaha-usaha guru dalam penggunaan model pembelajaran SKI. Ditinjau dari aspek materi pembelajaran, materi pembelajaran SKI dinilai terlalu padat dan luas, sehingga peserta didik disibukkan dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang verbalistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kondisi objektif pembelajaran SKI model cooperative learning tipe STAD yang sedang berjalan di MTsN 1 Pesisir Selatan, 2) Usaha guru SKI dalam meningkatkan hasil belajar di MTsN 1 Pesisir Selatan, 3) Desain pengembangan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar SKI siswa di MTsN 1 Pesisir Selatan, 4) Validitas, praktikalitas, dan efektivitas desain pengembangan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar SKI siswa di MTsN 1 Pesisir Selatan.
Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan dkk. Prosedur pengembangan model tersebut menggunakan langkah four D (4D), yaitu mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan menyebarluaskan (disseminate). Di MTsN 1 Pesisir Selatan dilakukan Uji coba I dan II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data menggunakan teknik analisa kuantitatif, kualitatif, dan teknik analisa data deskriptif.
Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Kondisi objektif pembelajaran SKI model cooperative learning tipe STAD perlu dimaksimalkan oleh guru, dengan pertimbangan bahwa terlihat sebagian besar langkah dari cooperative learning tipe STAD sudah mendekati taraf yang maksimal. 2) Usaha guru SKI sudah terlihat dalam model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar. 3) Pelaksanaan pembelajaran cooperative learning tipe STAD oleh guru SKI dapat dikelompokkan dalam tiga kategori. Pertama, komponen yang sangat minim yaitu penyampaian tujuan dan motivasi. Kedua, komponen yang kurang maksimal yaitu komponen pembagian kelompok dan komponen presentase dari guru. Ketiga, komponen yang sudah maksimal, yaitu komponen kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi tim. Ditemukan model cooperative learning tipe STAD dengan enam Sintaks pembelajaran, yaitu: (1) penyampaian tujuan dan motivasi, (2) pembagian kelompok, (3) presentase dari guru, (4) kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), dan (5) kuis (evaluasi). (6) penghargaan prestasi tim. 4) Hasil uji coba model cooperative learning tipe STAD efektif dalam pembelajaran SKI.
DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i2.2192
Abstract views : 237 times
References
KEPUSTAKAAN
Agung, Leo dan Sri Wahyuni, Perencanaan Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2013
Arif, Muhammad, Model Pembelajaran Sejarah dengan Mengintegrasikan Nilai dan Karakter Religius melalui Teknik Klarifikasi Nilai, Jurnal Tarbiyah, Vol. I, Juni 2014.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2005, Cet. VIII
________________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1992, Cet. VIII
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta: Kencana, 2012
Al-Azizi, Abdul Syukur, Sejarah Terlengkap Peradaban Islam, Depok: Huta Parhapuran, 2014
Basuki, Sulistyo, Pengantar Dokumentasi, Bandung: Rekayasa Sains, 2004, Cet. I
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya, Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, 2005, Cet. VI
______________, Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikatif, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2005
Catharina, Psikologi Belajar, Semarang: UNNES Pres, 2006
Dahar, Ratna Wilis, Teori-Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011
Daliman, A., Metode Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2012
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, Jakarta: Bulan Bintang, 1975
Departemen Pendidikan Agama RI, Pedoman Khusus Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Departemen Pendidikan Agama RI, 2004
Depdiknas, Permen Nomor 22 Tahun 2006, Jakarta: Depdiknas, 2006
Dieni, Rahmawati, dan Dede Permata, Using Students Teams Achievement Division (STAD) Method to Improve Students Writing Ability, Jurnal Unsil OJK, 2013.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2006
Gall, Meredith D., dkk, Education Research an Introduction, Boston: Pearson Education, Inc, 2007
Gall and Borg, Educasional Research An Introduction, Buston: Allyn and Bacon, 2003
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2006
______________, KurikulumdanPembelajaran, Jakarta: BumiAksara, 2003
Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani, 2012
Hamid, Hasan A., Pendidikan Ilmu Sosial, Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Dirjen Dikti Depdikbud, 1996
Hariyono, Mempelajari Sejarah Secara Efektif, Jakarta: Pustaka Jaya, 1995
al-Hasyimi, Muhammad Ali, Menjadi Muslim Ideal, Alih bahasa Ahmad Baidlowi, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 1975
Huda, Miftahul, Cooperative Learning;Metode, Teknik, Strutur dan Model Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017
Isjoni, Cooperative Learning; Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, Bandung: Alfabeta, 2016
______________, Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007
Johson, Lou Anne dan Dani Dharyani, Pengajaran yang Kreatif dan Menarik: Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran, Jakarta: Indeks, 2008
Jumanta, Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatifdan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014
Kagan, S., Cooperative Learning Resources for Teacher: San Juan Capistrano, CA: Resources for Teacher, 1990
Kemenag RI, SK DIRJEN Pendidikan Islam tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah, Jakarta: Kemenag, 2013
Koentjaraningrat , Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 2015
Lie, Anita, Cooperative Learning, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002
Lubis, Fitriadi, Pengembagan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD)dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan, Padang: Universitas Negeri Padang (UNP), 2015
Lupiah, Siti, Penerapan Metode Poster Session dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VII/A di MTs at-Taqwa Tangerang Kota, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014
Maidir Harun dan Firdaus, Sejarah Peradaban Islam Jilid I, Padang: IAIN Press, 2001
Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Mazkur, Ali Ahmad, Manhaj al-Tarbiyyah: Asasuha wa Tatbiyqatuha, Kairo: Dar al-Fikri al-Arabiy, 2001
Mappa, Syamsu, Psikologi Pendidikan, Ujungpandang: FIP. IKIP Surabaya, 1983
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2010
Mufarrihah, Anis, Penerapan Strategi Active Learning dengan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI di Kelas VII SMP Nusantara Plus), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013
Muhaimin, dkk, StrategiBelajarMengajar, Surabaya: Citra Media, 1996
Munawwaroh, Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Ahievement and Attitut of Grade 9 th Secondary School Student towards Mathematic, International Journal of Sciences (online), Voleme 2, 2013
Murdiono, Mukhamad, Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Fortofolio, Yogyakarta: Ombak Yogyakarta, 2012
Nashir, H., Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal, Jakarta: Delia Press, 2004
Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran, Bandung:Bumi Aksara, 1989
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Nazir, Moh.,MetodePenelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003, Cet. V
Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, Depok: PT.Grafindo Persada, 2016
Peraturan Menteri Agama RI Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam dan Bahasa Arab, Bab III Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 912 Tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Bab I Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Bab III Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Putra, Nusa, Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2012, Cet. II
Ramayulis, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: KalamMulia, 2002
Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006, Cet. Ke-14
Rois, Mahfud, Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga, 2011
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2011
Sardiman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2007
Sardiman, Arif S., dkk., Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Samosir (Penerj.), Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks, 2011
_________________, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media, 2016
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007
______________, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2012
Schunk, Dale H., Learning Theories an Educational Perspective; Eva Hamdiah and Rahmat Fajar (Penerj.), Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Sevilla, Comsuelo G. dkk., Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 1995
Sitepu, Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 2014
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003
Slavin, Robert E., Cooperative Learning Theory, Research and Practice, Boston: Allyn and Bacon, 1995
Soemitro, Rochmat, Asas dan Dasar Perpajakan, Bandung: Refika Aditama, 2009
Solihatin, Etin dan Raharjo, Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012
Solihin, Ismail, Manajemen Strategik, Bandung: Erlangga, 2012, Cet. Ke-17
Stahl, R. J., Cooperative Learning in Social Studies: A Handbook for Teacher, United States of America: Addison Wesley Publishing Company
Stahl, R.J., Cooperative Learningin Social Studies: A Handbook for Teacher, United State of Amerika: Addison Wesley Publishing Company, Inc, 1994
Sudjono, Anas, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996
Sudjana, Nana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2002
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2006
Suryani, Nunuk, dan Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak, 2012
Suprijono, Agus, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013
Sutriasih, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar SKI melalui Metode Tim Kuis pada Siswa Kelas VC SDIT ar-Raihan Bantul Yogyakarta, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta: 2007
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2006
Sudjono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007
Suderadjat, Hari, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Bandung: Cipta Cekas Grafika, 2004
Subini, Nini, Psikologi Pembelajaran, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012
Sunan, Tirmidzi, Maktabah al Ma’arif Linnasyri Wattauzi’, Riyad: 2007, cet.3
Syalabi, A., Sejarah & Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka Alhusna, 1983
Thiagarajan, Sivasailam, dkk, Instructional Development for Training Teachers of
Exeptional Children, Minnesota: University of Minnesota, 1974
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif,Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Prenada Media Group, 2010
Usman, Uzer, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993
Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka, 2008
Widoyoko, Eko Putro, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajara, 2016, Cet.V
Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994
Yelia, Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Berbasis Cooperative Learning Apprroach (CLA), (Padang: Universitas Negeri Padang (UNP), 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.