Pengembangan Model Cooperative Learning tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa di MTsN 1 Pesisir Selatan

Hokta Viandri

Abstract


ABSTRAK

 

Hoktaviandri, NIM. 88314249, Pengembangan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pesisir Selatan, Disertasi, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Konsentrasi Pendidikan Islam, 2020, 466 halaman.

Isu sentral dari penelitian ini adalah pembelajaran SKI kurang diminati oleh peserta didik. Guru sudah berusaha seoptimal mungkin dalam menggunakan model pembelajaran, sementara peserta didik terlihat belum optimal dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan guru. Ditinjau dari aspek hasil belajar, tergambar bahwa nilai SKI tergolong yang paling rendah dibanding mata pelajaran PAI lainnya, yaitu Fiqih, al-Qur’an Hadits, dan Akidah Akhlak. Ditinjau dari aspek guru, belum terlihatnya dampak dari usaha-usaha guru dalam penggunaan model pembelajaran SKI. Ditinjau dari aspek materi pembelajaran, materi pembelajaran SKI dinilai terlalu padat dan luas, sehingga peserta didik disibukkan dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang verbalistik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kondisi objektif  pembelajaran SKI model cooperative learning tipe STAD yang sedang berjalan di MTsN 1 Pesisir Selatan, 2) Usaha guru SKI dalam meningkatkan hasil belajar di MTsN 1 Pesisir Selatan, 3) Desain pengembangan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar SKI siswa di MTsN 1 Pesisir Selatan, 4) Validitas, praktikalitas, dan efektivitas desain pengembangan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar SKI siswa di MTsN 1 Pesisir Selatan.

Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan dkk. Prosedur pengembangan model tersebut menggunakan langkah four D (4D), yaitu mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan menyebarluaskan (disseminate). Di MTsN 1 Pesisir Selatan dilakukan Uji coba I dan II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara,  observasi, dan dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data menggunakan teknik analisa kuantitatif, kualitatif, dan teknik analisa data deskriptif.

Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Kondisi objektif pembelajaran SKI model cooperative learning tipe STAD perlu dimaksimalkan oleh guru, dengan pertimbangan bahwa terlihat sebagian besar langkah dari cooperative learning tipe STAD sudah mendekati taraf yang maksimal. 2) Usaha guru SKI sudah terlihat dalam model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar. 3) Pelaksanaan pembelajaran cooperative learning tipe STAD oleh guru SKI dapat dikelompokkan dalam tiga kategori. Pertama, komponen yang sangat minim yaitu penyampaian tujuan dan motivasi. Kedua, komponen yang kurang maksimal yaitu komponen pembagian kelompok dan komponen presentase dari guru. Ketiga, komponen yang sudah maksimal, yaitu komponen kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi tim. Ditemukan model cooperative learning tipe STAD dengan enam Sintaks pembelajaran, yaitu: (1) penyampaian tujuan dan motivasi, (2) pembagian kelompok, (3) presentase dari guru, (4) kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), dan (5) kuis (evaluasi). (6) penghargaan prestasi tim. 4) Hasil uji coba model cooperative learning tipe STAD efektif dalam pembelajaran SKI.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i2.2192
Abstract views : 237 times

References


KEPUSTAKAAN

Agung, Leo dan Sri Wahyuni, Perencanaan Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2013

Arif, Muhammad, Model Pembelajaran Sejarah dengan Mengintegrasikan Nilai dan Karakter Religius melalui Teknik Klarifikasi Nilai, Jurnal Tarbiyah, Vol. I, Juni 2014.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2005, Cet. VIII

________________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1992, Cet. VIII

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta: Kencana, 2012

Al-Azizi, Abdul Syukur, Sejarah Terlengkap Peradaban Islam, Depok: Huta Parhapuran, 2014

Basuki, Sulistyo, Pengantar Dokumentasi, Bandung: Rekayasa Sains, 2004, Cet. I

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya, Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, 2005, Cet. VI

______________, Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikatif, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2005

Catharina, Psikologi Belajar, Semarang: UNNES Pres, 2006

Dahar, Ratna Wilis, Teori-Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011

Daliman, A., Metode Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2012

Daradjat, Zakiah, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, Jakarta: Bulan Bintang, 1975

Departemen Pendidikan Agama RI, Pedoman Khusus Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Departemen Pendidikan Agama RI, 2004

Depdiknas, Permen Nomor 22 Tahun 2006, Jakarta: Depdiknas, 2006

Dieni, Rahmawati, dan Dede Permata, Using Students Teams Achievement Division (STAD) Method to Improve Students Writing Ability, Jurnal Unsil OJK, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2006

Gall, Meredith D., dkk, Education Research an Introduction, Boston: Pearson Education, Inc, 2007

Gall and Borg, Educasional Research An Introduction, Buston: Allyn and Bacon, 2003

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2006

______________, KurikulumdanPembelajaran, Jakarta: BumiAksara, 2003

Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani, 2012

Hamid, Hasan A., Pendidikan Ilmu Sosial, Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Dirjen Dikti Depdikbud, 1996

Hariyono, Mempelajari Sejarah Secara Efektif, Jakarta: Pustaka Jaya, 1995

al-Hasyimi, Muhammad Ali, Menjadi Muslim Ideal, Alih bahasa Ahmad Baidlowi, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 1975

Huda, Miftahul, Cooperative Learning;Metode, Teknik, Strutur dan Model Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017

Isjoni, Cooperative Learning; Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, Bandung: Alfabeta, 2016

______________, Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007

Johson, Lou Anne dan Dani Dharyani, Pengajaran yang Kreatif dan Menarik: Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran, Jakarta: Indeks, 2008

Jumanta, Hamdayama, Model dan Metode Pembelajaran Kreatifdan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014

Kagan, S., Cooperative Learning Resources for Teacher: San Juan Capistrano, CA: Resources for Teacher, 1990

Kemenag RI, SK DIRJEN Pendidikan Islam tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah, Jakarta: Kemenag, 2013

Koentjaraningrat , Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 2015

Lie, Anita, Cooperative Learning, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002

Lubis, Fitriadi, Pengembagan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD)dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan, Padang: Universitas Negeri Padang (UNP), 2015

Lupiah, Siti, Penerapan Metode Poster Session dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VII/A di MTs at-Taqwa Tangerang Kota, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014

Maidir Harun dan Firdaus, Sejarah Peradaban Islam Jilid I, Padang: IAIN Press, 2001

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Mazkur, Ali Ahmad, Manhaj al-Tarbiyyah: Asasuha wa Tatbiyqatuha, Kairo: Dar al-Fikri al-Arabiy, 2001

Mappa, Syamsu, Psikologi Pendidikan, Ujungpandang: FIP. IKIP Surabaya, 1983

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2010

Mufarrihah, Anis, Penerapan Strategi Active Learning dengan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI di Kelas VII SMP Nusantara Plus), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013

Muhaimin, dkk, StrategiBelajarMengajar, Surabaya: Citra Media, 1996

Munawwaroh, Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Ahievement and Attitut of Grade 9 th Secondary School Student towards Mathematic, International Journal of Sciences (online), Voleme 2, 2013

Murdiono, Mukhamad, Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Fortofolio, Yogyakarta: Ombak Yogyakarta, 2012

Nashir, H., Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal, Jakarta: Delia Press, 2004

Nasution, S., Kurikulum dan Pengajaran, Bandung:Bumi Aksara, 1989

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Nazir, Moh.,MetodePenelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003, Cet. V

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, Depok: PT.Grafindo Persada, 2016

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agam Islam dan Bahasa Arab, Bab III Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 912 Tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Bab I Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Bab III Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Putra, Nusa, Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2012, Cet. II

Ramayulis, IlmuPendidikan Islam, Jakarta: KalamMulia, 2002

Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006, Cet. Ke-14

Rois, Mahfud, Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga, 2011

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2011

Sardiman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2007

Sardiman, Arif S., dkk., Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Samosir (Penerj.), Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks, 2011

_________________, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media, 2016

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007

______________, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2012

Schunk, Dale H., Learning Theories an Educational Perspective; Eva Hamdiah and Rahmat Fajar (Penerj.), Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Sevilla, Comsuelo G. dkk., Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 1995

Sitepu, Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 2014

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003

Slavin, Robert E., Cooperative Learning Theory, Research and Practice, Boston: Allyn and Bacon, 1995

Soemitro, Rochmat, Asas dan Dasar Perpajakan, Bandung: Refika Aditama, 2009

Solihatin, Etin dan Raharjo, Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012

Solihin, Ismail, Manajemen Strategik, Bandung: Erlangga, 2012, Cet. Ke-17

Stahl, R. J., Cooperative Learning in Social Studies: A Handbook for Teacher, United States of America: Addison Wesley Publishing Company

Stahl, R.J., Cooperative Learningin Social Studies: A Handbook for Teacher, United State of Amerika: Addison Wesley Publishing Company, Inc, 1994

Sudjono, Anas, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996

Sudjana, Nana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2002

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2006

Suryani, Nunuk, dan Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak, 2012

Suprijono, Agus, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Sutriasih, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar SKI melalui Metode Tim Kuis pada Siswa Kelas VC SDIT ar-Raihan Bantul Yogyakarta, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta: 2007

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2006

Sudjono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Suderadjat, Hari, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Bandung: Cipta Cekas Grafika, 2004

Subini, Nini, Psikologi Pembelajaran, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012

Sunan, Tirmidzi, Maktabah al Ma’arif Linnasyri Wattauzi’, Riyad: 2007, cet.3

Syalabi, A., Sejarah & Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka Alhusna, 1983

Thiagarajan, Sivasailam, dkk, Instructional Development for Training Teachers of

Exeptional Children, Minnesota: University of Minnesota, 1974

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif,Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Prenada Media Group, 2010

Usman, Uzer, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka, 2008

Widoyoko, Eko Putro, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajara, 2016, Cet.V

Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994

Yelia, Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Berbasis Cooperative Learning Apprroach (CLA), (Padang: Universitas Negeri Padang (UNP), 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.