Peningkatan kompetensi guru pendidikan agama islam sekolah dasar melalui kelompok kerja guru

LARA AGNESTA PUTRI

Abstract


Pelaksanaan kegiatan KKG di Kecamatan IV Jurai yang belum maksimal terutama dalam pelaksanaan program KKG. Hal ini terlihat dari indikator pencapaian KKG seperti masih belum aktifnya seluruh peserta KKG dalam menyusun program-program pembelajaran. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi di Sekolah Dasar melalui KKG di Kecamatan IV Jurai kabupaten Pesisir Selatan secara  teknis  operasional  dilaksanakan di bawah tanggungjawab pengawas dan ketua KKG di Sekolah Dasar pada Kecamatan IV Jurai. Program KKG yang ada di Kecamatan IV Jurai telah terdiri dari program rutin, program pengembang dan program penunjang. Program rutin, program pengembang terdiri dari penelitian tindakan kelas serta pembahasan hasil penelitian, dan program penunjang. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi guru melalui pengembangan model KKG di Kecamatan IV Jurai terdiri dari faktor penghambat internal dan eksternal. Dan Desain pengembangan model KKG dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan menggunakan langkah-langkah yang diyakini untuk dapat menghasilkan model pengembangan kegiatan KKG dalam rangka meningkatkan  kompetensi  guru  PAI  Sekolah Dasar di Kecamatan IV Jurai.


Keywords


peningkatan kompetensi; guru sd; kkg



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i1.2194
Abstract views : 49 times

References


Cresswel, JohnW. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approach. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, SAGE, tt,

Depertemen Agama RI, Mushaf al-Qur’an Terjemah, (Jakarta:Pena Pundi Aksara,2007)

Milles, Mathew B. and A. Michael Huberman, An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks, London, New Delhi, SAGE, 1994

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Misbah;Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume XIV, (Jakarta:Lantera Hati, 2006)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2010

Suyanto, dan Asep Djihad, Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional, (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.