Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Beragama Peserta Didik SMA Adabiah I Padang

Sudirman Sudirman Tebo

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pendidik (guru) serta praktisi pendidikan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku beragama dan mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional Peserta Didik terhadap perilaku beragama secara parsial, serta mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik secara simultan terhadap perilaku beragama peserta didik SMA Adabiah I Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan kelas XII  Adabiah I Padang yang berjumlah 639. Berhubung populasi bersifat heterogen, maka pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate stratifed random sampling, sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 86 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kecerdasan emosional memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beragama peserta didik SMA Adabiah I Padang. (2)Kecerdasan Emosional Peserta Didik  memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beragama peserta didik  SMA Adabiah I Padang. (3) Kecerdasan Emosional dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama (simultan) memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beragama peserta didik SMA Adabiah I Padang.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Perilaku beragama

Abstract

 

The purpose of this study is to help educators (teachers) and education practitioners know the effect of students' emotional intelligence on students’ religous behavior and determine the effect of islamic education studies on student’s religous behavior partially, as well as knowing the effect of students' emotional intelligence and islamic education studies simultaneously on students’ religous behavior at SMA Adabiah I Padang. This type of research is field research using a quantitive approach and correlational methods. The population in this study were students of SMA Adabiah I Padang, totaling 639 students. Since the population is heterogeneous, the sampling technique uses propotionate stratifed random sampling technique, so that the samples obtained are 86 students. Data collection techniques used were questionnaires and documentation. While the data analysis technique used is the test requirements analysis and hypothesis testing. The results showed that, (1) the emotional intelligence of students had a positive and significant influence on students’ religous behavior at SMA Adabiah I Padang. (2) islamic education studies have a positive and significant influence on student’ religous behavior at SMA Adabiah I Padang. (3) students' emotional intelligence and islamic education studies together (simultaneously) have a positive and significant impact on students’ religous behavior at SMA Adabiah I Padang.

Keywords: Emotional Intelligence, islamic education studies, religous behavior.



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i1.2216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.