Pemikiran Muhammad Abduh tentang Pendidikan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia

Ari Prima

Abstract


Muhammad abduh adalah tokoh pembaharuan yang masyhur di kalangan islam. Melalui pemikiran Muhammad abduh lahir berbagai pembaharuan dalam pendidikan islam dan engaruhnya masih terasa sampai hingga dewasa ini. Konsep rasionalitas yang diusungnya sangat menentang taqlid dan pengekangan akan perkembangan ilmu pengetahuan. Pengaruh pemikiran Muhammad abduh memiliki relevansi yang nyata terhadap perkembangan pendidikan islam di Indonesia, pengaruhnya meliputi penetapan tujuan, pemilihan materi dan penyesuaian mpenggunaan metode yang di pilih dan ti pergunakan dalam dunia pendidikan islam di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v14i2.2415
Abstract views : 93 times

References


Abbas, Nurlaelah. “Muhammad Abduh: Konsep Rasionalisme Dalam Islam.” Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 1 (2014): 51–68.

Abduh, Muhammad. Risalah At-Tauhid. Translated by H. firdaus. Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

———. Tafsir Juz ‘Amma. Translated by Muhammad Bagir. Bandung: Mizan, 1998.

Abdullah, Taufik. Sekolah Dan Politik: Gerakan Kaum Muda Di Sumatera Barat 1927-1933. Translated by Muhammad Yuanda Zara. Jakarta: Suara Muhamadiyah, 2018.

Akhiruddin, K. M. “Lembaga Pendidikan Islam Di Nusantara.” TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 1 (2015): 195–219.

Azhari, Afif, and Mimien Maimunnah Zarkasyi. Muhammad Abduh Dan Pengaruhnya Di Indonesia. Surabaya: Al-Ikhlas, 1996.

Aziz, Ahmad Amir. Pembaharuan Teologi Perspektif Modernisme Muhammad Abduh Dan Neo Modernisme Fazlur Rahman. Yogyakarta: Teras, 2009.

Bahri, Syamsul, and S. Oktariadi. “Konsep Pembaharuan Dalam Perspektif Pemikiran Muhammad Abduh.” Al-Mursalah 2, no. 2 (2018).

Furchan, Arief, and Agus Maimun. Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Herman, Herman. “Sejarah Pesantren Di Indonesia.” Al-Ta’dib 6, no. 2 (2013): 145–158.

Husin, Achmad Fuadi. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Abduh.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2014): 186–202.

Komaruzaman. “Studi Pemikiran Muhammad Abduh Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3, no. 01 (2017): 90–101.

Lubis, Arbiyah. Pemikiran Muhammadiyah Dan Muhammad Abduh: Suatu Studi Perbandingan. Bulan Bintang, 1993.

Mahmud. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Manti, Biltiser Bachtiar, Adian Husaini, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. “Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 151–183.

Masykuri, Bakri. Metodologi Penelitian Kualitatif-Tinjaun Teoritis Dan Praktis. Lembaga Penelitian Universitas Malang-Visipres, Surabaya, 2003.

Muhaimin Abd Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis Dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Muksin, Mumuh. “Perubahan Status Kelembagaan Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Perubahan Iain Menjadi UIN Dan STAIN Menjadi IAIN.” Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial 2, no. 2 (2019): 70–84.

Munawwaroh, Azizah. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 7, no. 2 (2019): 141–156.

Nasution, Harun. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran Dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

———. “Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran Dan Gerakan, Cet. III,(Jakarta: PT.” Bulan Bintang (1975).

Nata, Abuddin. Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik Dan Pertengahan. Jakarta: Rajagrafindo, 2004.

Nazmi, Ranti. “Perubahan Pola Pendidikan Islam Di Sumatera Barat (Minangkabau) Dari Surau Ke Lembaga Pondok Pesantren Semenjak Awal Abad 20” (2015).

Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018): 1–14.

Sofyan, Fuaddilah Ali. “Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013.” INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2019): 1–9.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Subhan, Arief. Lembaga Pendidikan Islam Indonesia: Abad Ke-20. Jakarta: Kencana, 2012.

Supriadi. “Konsep Pembaruan Sistem Pendidikan Islam Menurut Muhammad ‘Abduh.” Kordinat| Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 15, no. 1 (2017): 31–60.

Ya’koeb, Ismail. Sejarah Islam Di Indonesia. Jakarta: Wijaya, 1956.

Yusuf, Nasrudin. “Perbandingan Pemikiran Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridha Tentang Pendidikan.” Sosial Budaya 8, no. 1 (2011): 64–85.

Zuhairini, ed. Filsafat pendidikan Islam. Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.