Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar PAI di Sekolah Dasar

Destion Destion

Abstract


Permasalahan yang dihadapi, secara teoritis media powerpoint memegang peranan penting terhadap hasil belajar. Walaupun itu belum diuji kebenarannya, namun berpengaruhnya penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar dirasakan oleh peserta didik pada pelajaran PAI di SDN Se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Dalam hal ini peneliti akan melihat adakah pengaruh penggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SDN Se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui penggunaan media powerpoint yang digunakan pada pelajaran PAI di SDN Se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang; (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI di SDN Se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang; (3) Mengetahui adakah pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SDN Se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 1.351 dari 38 sekolah di SDN Se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 94 responden yang diambil dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media Powerpoint pada mata pelajaran PAI berada pada kategori kurang dengan persentase 18,09%, kategori cukup dengan persentase 35,11%, kategori baik dengan persentase 46,80%. Ini menunjukkan proses pembelajaran PAI menggunakan media powerpoint telah memaksimalkan aktivitas belajar peserta didik; (2) Hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI berada pada kategori sangat baik dengan persentase 98,94%, dan kategori baik dengan persentase 1,06%. Besarnya persentase ini menunjukkan proses pembelajaran PAI menggunakan media powerpoint telah memaksimalkan hasil belajar peserta didik; (3) Terbukti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SDN se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Persamaan regresi linier Y=77,391+0,135X. Berdasarkan hasil analisis thitung lebih besar dari ttabel (2,497>1,98609) pada taraf signifikan 5%. Selain itu apabila dilihat dari nilai signifikansi dari uji F sebesar 0,014 maka signifikansi kurang dari 0,05 (0,014<0,05), didapat koefisien determinasi sebesar 0,063 artinya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SDN se-Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang sebesar 6,3%. Sisanya 93,7% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v14i2.2419
Abstract views : 25 times
PDF : 17 times

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Agama RI. Alhidayah Al-quran Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Ciputat Tangerang Selatan: PT. Kalim.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Mardi, dkk. 2007. Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK Kelas XI. Bandung: Yudhistira.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Riduwan 2008. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparta. 2016. Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Supriadie, Didi dan Deni Darmawan. 2013. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.