Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Hadis Rasulullah SAW

Dewi Fithri Oktaviany

Abstract


Pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw harus dikaji dan dikembangkan, sebab kehidupan selalu mengalami perkembangan dan perubahan. Oleh karena itu, sangat penting merujuk kepada pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw ini memiliki orientasi yang sangat luas, untuk itu penulis fokuskan penelitian ini pada periode pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw, kurikulum pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw, tujuan pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw, dan implementasi pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw melahirkan generasi hamba Allah yang saleh, sebagai pemimpin yang bertanggung-jawab, manusia sempurna, memperoleh keselamatan dunia dan akhirat. Pendidikan Islam bertujuan agar peserta didik mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dengan baik, sehat jasmani dan rohani, memiliki kecerdasan yang komprehensif, cerdas intelektual, emosional, moral, spiritual. Cerdas secara matematis, kinestatis, linguistis, teoritis, aplikatif. Beriman, bertaqwa, tawakkal, mulia, dan sejumlah sifat-sifat mulia lainnya. Melihat kondisi jaman milenial yang sangat banyak perubahannya dan berpengaruh terhadap generasi umat muslim. Agar kelak anak-anak pendidik tidak jauh terjerumus ke hal-hal yang negatif maka penting bagi pendidik untuk merujuk terhadap pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif hadis Rasulullah Saw.


Keywords


pendidikan, sepanjang hayat, perspektif hadis, Rasulullah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v14i2.3010
Abstract views : 258 times
PDF : 450 times

References


al-Amin, N. K. (1996). Tarbiah Islamiyah. Jakarta : Gema Islam Press.

Asari, H. (2008). Hadis-hadis Pendidikan, Sebuah Penelusuran Akar-akar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Jalaluddin. (1998). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Nidawati. (Pdf). Alam dan Sunnatullah dalam Implementasi Pendidikan Sepanjang Hayat (Long Life Education).

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

schaefer, C. (1989). Bagaimana Mempengaruhi Anak. Jakarta: Dahara Prize,.

Wahyuddin, W. (2016). Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam (Kajian Tafsir Tabrawi) (1–Vol. 3). Banten Saintifika Islamica JURNAL KAJIAN KEISLAMAN.

Yahya, M. (1975). Pertumbuhan Akal dan Memanfaatkan Naluri Kanak-kanak. Jakarta: Bulan Bintang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.