NILAI- NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 11-12 TELAAH TAFSIR AL-MISHBAH KARYA PROF DR. QURAISH SHIHAB

Nurlaila Nurlaila

Abstract


Mengingat pentingnya pendidikan Islam yang meliputi akhlak, aqidah, dan syariat,bagi terciptanya kondisi lingkungan yang harmonis, diperlukan upaya serius untuk menanamkan nilai-nilai tersebut dan pastinya yang sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadits. Dimana salah satu poin tersebut adalah akhlak al-karimah yang merupakan sarana untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat, dengan akhlak pula seseorang akan diridhai oleh Allah SWT, dicintai oleh keluarga dan manusia pada umumnya.

             Surat al-Hujurat ayat 11-12 memiliki kandungan (makna) tentang pendidikan akhlak yang sangat dalam mengenai kandungan ayat 11 sampai 12 merupakan masalah yang banyak terjadi dan tetap aktual di dalam masyarakat, maka perlu adanya penelitian tentang isi kandungan ayat tersebut melalui kajian tafsir.Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai-nilai akhlak apa yang terkandung dalam Surat Al-Hujurat ayat 11-12. (2) pandangan Quraish Shihab  tentang akhlak  dalam Surat Al-Hujurat ayat 11-12. (3) relevansinilai-nilai  akhlak di Surat al-Hujurat ayat 11-12 terhadap pendidikan Islam.Penelitian ini termasuk library research, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam menganalisa data yang telah terkumpul peneliti menggunakan metode tafsir tahliliy atau disebut juga sebagai metode analisis yaitu metode penafsiran yang berusaha menerangkan arti ayat-ayat al-Qur’an dengan berbagai seginya. Analisis tersebut mengacu kepada buku-buku serta dokumen yang relevan dengan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam surat Al-Hujurat ayat 11-12 adalah pendidikan akhlak yang menjunjung tinggi kehormatan sesama muslim, pendidikan akhlak untuk menghindari sifat-sifat yang tercela seperti perbuatan mengolok-olokkan, perbuatan prasangka, dan menjauhkan diri dari perbuatan ghibah, kemudian pendidikan bertaubat dan bertaqwa.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i1.3282
Abstract views : 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.