Implementasi Program Supervisi Akademik Pengawas PAI Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman.

Suryadi Rahim

Abstract


ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, perencanaan kegiatan supervisi akademik pengawas PAI, mengetahui pelaksanaan kegiatan supervisi akademik pengawas PAI, mengetahui tindak lanjut kegiatan supervisi akademik pengawas PAI dan untuk mengetahui dampak kegiatan supervisi akademik pengawas PAI dalam meningkatkan profesionalitas guru pada sekolah dasar di kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah pengawas PAI, kepala sekolah dan  guru  PAI, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :  (1) perencanaan kegiatan supervisi akademik pengawas PAI dimulai dengan menyusun program tahunan, program semester dan RKA, selanjutnya menyusun instrumen penilaian yang akan digunakan dalam pelaksanaan kegiatan supervisi akademik. (2) pelaksanaan kegiatan supervisi akademik pengawas PAI menggunakan teknik individu dan kelompok, kunjungan kelas dimulai dengan menginformasikan kepada guru, melakukan kunjungan kelas dengan memeriksa kelengkapan guru, mengamati proses pembelajaran dan menilai berdasarkan instrumen yang telah disusun. Kegiatan supervisi akademik juga dilakukan dengan teknik kelompok melalui kegiatan KKG. (3) tindak lanjut kegiatan supervisi akademik pengawas PAI dilakukan setelah menganalisis hasil penilaian proses pembelajaran, secara keseluruhan tindak lanjut dilakukan melalui kegiatan KKG. (4) dampak pelaksanaan kegiatan supervisi akademik pengawas PAI berdampak terhadap kedisipilnan guru dalam menyusun perangkat, penggunaan metode yang bervariasi, penggunaan media dalam pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i1.3982
Abstract views : 58 times

References


DAFRTAR PUSTAKA

Arikunto. Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Hadi. Sutrisno. Metodologi Reseach. Yogyakaartaa: Andi Offset, 2004.

Imron. Ali. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Pidarta, Made. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.

Menzies. Black Jems. The Basic Of Supervisory Management : Mastery The Aert Of Effectife Supervision. Kogakusha : Mc. Grwa-Hill, 1975.

Rosyadi. Khoirun. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2011.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.

Supandi. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka, 1996.

Subagyo. Joko. Metode Penelitian dalam Teoridan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.