ANALISIS NILAI ISLAMI DALAM BUKU TEMATIK SISWA SD/MI KELAS I TEMA KEGIATANKU KURIKULUM 2013

Rovika Meisya, Dudki Samad, Media Roza

Abstract


Agama Islam sebagai agama universal, bukan hanya mengatur kehidupan manusia dari aspek ibadahnya saja, tetapi juga mengatur segala aspek kehidupan manusia demi tercapainya kebahagiaan dunia dan akhirat. Demi mencapai kebahagiaan tersebut Islam mengatur umatnya untuk menjalani kehidupannya dengan penuh kedisiplinan. Disiplin merupakan sikap yang harus dibiasakan sejak kecil. Menanamkan kedisiplinan bisa dilakukan sejak anak berusia SD/MI melalui pembelajaran di sekolah. Disiplin merupakan Standar Kompetensi lulusan satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A yang terdapat pada Domain sikap yang merupakan bagian dari berakhlak mulia dalam peraturan menteri pendidikan nasional tentang standar kompetensi lulusan satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A. Cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan nilai kedisiplinan ini salah satunya dengan memilih bahan ajar yang sesuai. Bahan ajar yang dipakai di Sekolah Dasar Atau Madrasah Ibtidaiyah adalah buku tematik terpadu yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Seorang guru bisa menanamkan nilai ini dengan cara menanamkan nilai Islami aspek disiplin yang terdapat dalam materi yang ada di bahan ajar tersebut. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis terhadap buku tematik siswa tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan nilai Islami aspek akhlak mulia pada sikap disiplin dalam buku tematik siswa SD/MI kelas I tema kegiatanku kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang tersusun dalam buku tematik siswa SD/MI kelas I tema kegiatanku menunjukkan bahwa terdapat nilai Islami aspek Disiplin pada disiplin waktu dan perbuatan. Nilai Islami dalam disiplin waktu dan perbuatan dalam buku ini terdapat dalam setiap sub tema dan setiap pembelajaran.


Keywords


nilai islami; disiplin; pembelajaran tematik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v3i2.3519
Abstract views : 135 times
PDF : 88 times

References


DP Nasional. (2006). Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.Academia.Edu.

Karmila, dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis Nilai-nilai Islami Kelas IV SD/MI, jurnal Raden Fatah Limas PGMI.

Basuni, H. (2019). Program Parenting Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus MI Bahjatussibyan Besuki Brobolinggo dan SD Islam Al- Amanah Besuki Situbondo. Tesis, Pasca Sarjana: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.