EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 1 KOTA PAYAKUMBUH

Yose Wahyu Andesta, Rivdya Eliza, Andi Susanto

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh. 2) mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa 1) nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah  matematis kelas eksperimen 78,63 dan kelas kontrol 68,1. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, 𝛼 = 0,05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh thitung (3,03) ≥ ttabel (1,67) maka keputusannya H0 ditolak dan H1  diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh. 2) nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis  kelas eksperimen 83,97 dan kelas kontrol 73,9. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, 𝛼 = 0,05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh thitung  (3,05) ≥ ttabel (1,67) maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing posing lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh.


Keywords


Problem Posing; Pemecahan Masalah; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v4i2.4783
Abstract views : 240 times
PDF : 196 times

References


Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 23.

Harahap, ER., & Surya, E. (2017, Mei). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika, Medan: Unimed.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5 (2), 111.

Isrok’atun & Rosmala, A. 2019. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTs. Math Educa Journal, 4 (1), 104.

Laela Kadri. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Binamu Kabupaten Jeneponto. Skripsi, Pendidikan Matematika: UIN Alauddin Makassar.

Mawaddah S. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika,3 (2), 167-168.

Mirawati. (2021). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Math Educa Journal, 5 (1), 55.

Permendikbud. (2014) Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Shanti., Nur, W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing. Journal homepage LITERASI, VIII (1), 56.

Siswono, TYE. 2018. Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI JICA.

Susanto, A., & Qorimah, S. (2020). Strategi Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis. Math Educa Journal, 4 (2), 180.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Waru-Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Syahidah, S. (2020). Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 9 (1).

Warahma, S., Utami NP., Eliza R. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Math Educa Journal, 06 (01), 1026.

Widodo, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Universitas Nusantara PGRI Kediri, 4 (2), 1-2.

Wulandari, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2 (1), 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.