PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNO-STEM BERBANTUAN CANVA TERINTEGRASI GORDANG SAMBILAN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

Riski Inayah, Prima Aswirna, Allan Asrar

Abstract


Keterampilan komunikasi peserta didik belum maksimal dalam setiap pembelajaran fisika karena belum adanya bahan belajar yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi. Terlebih lagi pembelajaran Fisika yang dikenal sulit dan abstrak membutuhkan bahan ajar yang dapat membuat pemeblajaran Fisika lebih menyenagkan dan mudah dipahami.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi alat musik Gordang Sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developement) dengan menggunakan model plomp dengan 3 tahap: 1) penelitian pendahuluan, 2) pengembangan prototipe, dan 3) evaluasi atau penilaian. e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi alat musik Gordang Sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik sangat valid sebesar 89%, sangat praktis sebesar 88,27% dan sangat efektif sebesar 83,11%.


Keywords


E-modul; Etno-STEM; Canva; Gordang sambilan; Keterampilan Komunikasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v4i2.4784
Abstract views : 1140 times
PDF : 1032 times

References


Abdurrahman, Ariyani, F., Nurulsari, N., Maulina, H., & Sukamto, I. (2020). The Prospective Ethnopedagogy-Integrated Stem Learning Approach: Science Teacher Perceptions And Experiences. Journal Of Physics: Conference Series, 1572(1), 012082.

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika stem terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-10.

Aswirna, P., Samad, D., Devi, I. S., Fahmi, R., & Jannah, R. (2022). Stem-Based E-Module Integrated Local Wisdom Of Rice Stem Fertilizers On Students’ Critical And Creative Thinking. Al-Ta Lim Journal, 29(1), 15–23.

Azis, H. & Yulkifli. (2021). Preliminary Research In The Development Of Smartphone-Based E-Module Learning Materials Using The Ethno-Stem Approach In 21st Century Education. Journal Of Physics: Conference Series, 1876(1), 012054.

Elfa, S. H. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Terintegrasi Stem Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung)..

Irkhamni, I., Izza, A. Z., & Salsabila, W. T. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. 8.

Kiswanda, V., Aswirna, P., & Nurhasnah, N. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Stem Dengan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Xi. Journal Cerdas Mahasiswa, 4(1)..

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1.

Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Modul Matematika Inovatif Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(2), 151-165..

Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran Ipa Berbasis Ethno-Stem Berbantu Mikroskop Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Perbatasan. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104.

Putri, A. J. (T.T.). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. 8.

Putri, D. S. I. (T.T.). Program Studi Tadris Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 284.

Ristanto, S., & Khoiri, N. (2015). Pembelajaran Real Laboratory Dan Tugas Mandiri Fisika Pada Siswa Smk Sesuai Dengan Keterampilan Abad 2. 11.

Susilowati, N., Mahmud, A., & Sari, P. N. (2022). Communication Skill, Student Engagement And Self-Efficacy: Flow On Effect On Student Online Learning. Journal Of Education Technology, 6(1).

Saldo, I. J. P., & Walag, A. M. P. (T.T.). Utilizing Problem-Based And Project-Based Learning In Developing Students’ Communication And Collaboration Skills In Physics. American Journal Of Educational Research, 7.

Suryani, L., Noer Hodijah, S. R., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Science Process Skills Dengan Tema Transportasi Si-Hijau Untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa Smp Kelas Viii. Pendipa Journal Of Science Education, 6(2), 322–330.

Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. (2020). Effectiveness Of Environmental Change Learning Tools Based On Stem-Pjbl Towards 4c Skills Of Students. 7.

Utiah, H. (2018). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Besaran Dan Satuan. 6.

Yulianti, D., & Handayani, E. (2021). Enhancement Of Communication Skills Through Physics Learning With Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Approach. Journal Of Physics: Conference Series, 1918(5), 052083.

Yulkifli, Y., Yohandri, Y., & Azis, H. (2022). Development Of Physics E-Module Based On Integrated Project-Based Learning Model With Ethno-Stem Approach On Smartphones For Senior High School Students. Momentum: Physics Education Journal, 93–103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Cerdas Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.