PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN LEMBAR KERJA BERBASIS KONSEP KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI

Putri Ananda, Media Roza, Pipi Deswita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Konsep Kartun terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik yang valid, praktis, dan efektif. Berpikir kreatif dan komunikasi merupakan keterampilan Abad 21 yang harus dimiliki peserta didik saat ini. Media pembelajaran berbasis konsep kartun dapat menarik minat peserta didik untuk mempelajari materi Fisika. Sehingga mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan berkomunikasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model plomp yang meliputi tiga tahapan pengembangan yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary research), fase pengembangan atau prototipe (Development of prototype Phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis konsep kartun sangat valid dengan skor rata-rata 86,5% dengan presantasi uji kelayakan isi 87,5%, kelayakan bahasa 90%, dan kelayakan konstruksi 80%. Uji kepraktisan produk oleh 2 orang pendidik mendapatkan rata-rata 90% dan peserta didik 88,5%. Sedangkan keefektifan produk dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata 83,76% untuk soal tes pada keterampilan berpikir kreatif dan 85,6% untuk hasil observasi pada keterampilan komunikasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fisika berbasis konsep kartun terhadap keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.

Keywords


Media Pembelajaran Berbasis Konsep Kartun; berpikir kreatif; komunikasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.6683
Abstract views : 140 times
PDF : 77 times

References


Arsyad, M.A, Prof. Dr. Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Bakti, Surya, Nelly Astuti Hasibuan, Lince Tomoria Sianturi, and Ronda Deli Sianturi. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Menggunakan Metode Web Based Learning (WBL) 3, no. 4 : 4.

Dr. Adelina Hasyim, M..Pd. 2016. Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Duvan Reyes-Roncanoro, Jaime, Gloria Patricia Romero-Osma, and Edier Heinan Bustos-Velazco. Teaching Physics through Contextualised Concept Cartoons. Revista Cientifica, February 2019, 381–95.

Fitriah, Putri Imarotul, Bambang Yulianto, and Ratih Asmarani. 2020. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research 4, no. 4: 546.

Hidayati, Nurul, Wahono Widodo, and Husni Mubarok. 2019. Development of Cartoon Concept Based Student Worksheet with Structured Inquiry Approach to Train Science Process Skills. International Journal of Educational Research Review.

I A Kusumaningrum, Ashadi, and N Y Indriyanti. 2018. Concept Cartoons for Diagnosing Student’s Misconceptions in the Topic of Buffers. IOP Publishing, 1022 012036, 2018. https://doi.org/doi :10.1088/1742-6596/1022/1/012036.

Irwandani, Achi Rinaldi, Agitha Pricilia, Putri Mardiana Sari, and Adyt Anugrah. 2020. Effectiveness of Physics Learning Media Course Assisted by Instagram on Student’s Creative Thinking Skill. Journal of Physics: Conference Series 1467, no. 1 : 012006.

Rahmadani Z, Putri. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Lecture Maker Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII Di SMP/MTs. UIN Imam Bonjol Padang, n.d.

Rosnaningsih, Asih, Dwi Nur Faridah, and Nuri Fitriyani. 2020. Penggunaan Strategi Concept Cartoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Sdn Bencongan 1 Kabupaten Tangerang. Jurnal Penelitian 1, no. 1: 7.

Roza, Media, Lufri Lufri, Andromeda Andromeda, and Fatni Mufit. 2022. Science Teacher’s Perception of Digital Technology-Based Learning in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif 12, no. 1: 281–93.

Sadiman, M.Sc, Dr. Arief S., Drs. R. Rahardjo, M.Sc, Anung Haryono, M.Sc., C.A.S., and Harjito. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Safitri, Merina, and Sunu Kuntjoro. 2018. Metacognitive Strategies to Train Creative Thinking Skills in Creating Media for Learning. In Proceedings of the Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC). Surabaya, Indonesia: Atlantis Press.

Said, Abdul Azis, Dian Cahyadi, and Irfan Arifin. Struktur Media Pembelajaran Dalam Perspektif Desain Komunikasi Visual, n.d., 13.

Selfia, Lusi. 2017. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Tokoh Kartun Untuk Memberdayakan Berfikir Kreatif Dan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Ananda, Media Roza, Pipi Deswita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.