PEMANFAATAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI POLITIK ETIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NU AL MAโ€™RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Achmad Farid, Romadi Romadi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran Sejarah Indoensia Kelas XI IPS di SMA NU Al Maโ€™ruf Kudus, 2) Mengetahui perbedaan minat belajar siswa kelas yang memanfaatkan media film dokumenter dengan kelas yang tidak memanfaatkan media film dokumenter, 3) Mengetahui adanya peningkatan minat belajar siswa setelah adanya pemanfaatan media film dokumenter dalam pembelajaran sejarahPenelitian ini merupakan penelitian denganjenis kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelasXI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent test-t dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS cukup berjalan dengan lancar. Media pembelajaran yangdigunakan oleh guru sejarah dalam mengajar hanya menggunakan buku LKS.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya perbedaan minat belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat skor 78,94 lebih tinggi daripada kelas kontrol 66,89. Hasil dari analisis dengan uji independentntest-t menunjukkan skor dari signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” >๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 10,837 > 1,688 maka ๐ป๐‘Ž diterima dan ๐ป๐‘œ ditolak yang artinya ada peningkatan minat belajar siswa karena pemanfaatan media film dokumenter.Jadi dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter dapat meningkatkan

minat belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah. Saran untuk penelitian ini yaitu agar guru dapat lebih mengeksplor penggunaan media film dokumenter sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.


Keywords


Film Dokumenter, Minat belajar, Proses Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jcm.v6i1.9442
Abstract views : 10 times
PDF : 4 times

References


Mahnun, Nunu. 2012. โ€œMedia Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Impelementasinya Dalam Pembelajaran).โ€ Jurnal Pemikiran Islam.

Wirabumi, Ridwan. 2020. โ€œMetode Pembelajaran Ceramah.โ€ Annual Conference on Islamic Education and Thought 1(1), 11.

Husmiati, Ratu. 2017. โ€œKelebihan Dan Kelemahan Media Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah.โ€ Jurnal Sejarah Lontar 7(2), 61.

Djaali. 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Iskandar, Akbar. 2021. Statistika Bidang Teknologi Informasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Javandalasta, Panca. 2011. 5 Hari Mahir Bikin Film. Surabaya: Java Pustaka Group.

Firmansyah, yura wistqa. 2022. Penelitian Ilmu Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Gasong, Dina. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Abrianto, Hasrian Rudi Setiawan dan Danny. 2021. Menjadi Pendidik Profesional. Medan: UMSU PRESS.

Cahyaningrum, I. made indra dan Ika. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Sleman: Deepublish.

Daris, Muhammad Yusuf dan Lukman. 2018. Analisis Data Penelitian Teori Dan Aplikasi Dalam Bidang Perikanan. Bogor: IPB Press

Adisantoso, Syamsul arifin dan Daryono. 2021. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021. Pasuruan: Uniwara.

Rikarno, Riki. 2015. โ€œFilm Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa.โ€ Ekspresi Seni 17(1).

Zikri, Muhammad Syafadol, and Sirojudin Wahid. 2020. โ€œPengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Trigonometri Di Kelas X SMA Negeri 8 Cirebonโ€ 1(2):101โ€“12.

Setiawan, Septa Rahadian dan Hendi. 2021. โ€œPengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia.โ€ Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 11(2):136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Farid, Romadi Romadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.