DINAMIKA RIHLAH ILMIAH ULAMA HADIS PERIODE AWAL ISLAM

M Riski Ramadhan

Abstract


Abstrak

Rihlah ilmiyah yang dilakukan oleh para ulama hadis begitu panjang. Perjalanan mencari suatu hadist yang merupakan ilmu syari’at atau rihlah ‘ilmiah yang dilakukan oleh para ulama ulama hadis untuk menjaga kemurnian dan ke orisinilan hadis itu sendiri. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah analisis deskriptif yang memaparkan tentang perkembangan hadis pada periode awal. Orientasi dari tulisan ini ialah memaparkan tentang tradisi rihlah ilmiyah untuk mencari hadis dimulai semenjak zaman Rasulullah, sahabat, tabi’in dan generasi sesudahnya. Pada mulanya, rihlah yang dilakukan sahabat untuk mencari suatu hadis masih terpusat di kota Madinah. Memasuki periode tabi’in, ketika hadis mulai tersebar ke berbagai daerah, seiring dengan semakin luasnya wilayah kekuasaan Islam. Tempat tujuan para Tabi’in dalam mencari hadis. Kota-kota tersebut adalah Madinah al-Munawwarah, Makkah al-Mukaramah, Kuffah, Basrah, Syam, Mesir, Maghribi dan Andalusia, serta Yaman dan Khurasn.



DOI: https://doi.org/10.15548/h.v16i2.4836
Abstract views : 357 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 523 times

References


Ash-Shiddieqy, T.M. Hasbi Sejarah Perkembangan Hadis, (Jakarta: Bulan Bintang, 1988)

Ajjâj al-Khathîb, Muhammad, ‘Ushûl al-Hadîts; ‘Ulûmuh wa Mushthalahuh, (Beirut: Dâr al-Fikr, 1989)

Ajjaj Al-Khatib, Muhammad, Ushul al-Hadis Pokok-Pokok Ilmu Hadis, Terj. M. Nur Ahmad, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1998)

Azra, Azyumardi dan Oman Fathurrahman, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad ke-XVII & XVIII, Akar Pembaruan Islam Indonesia. Edisi revisi. (Jakarta: Kencana, 2004)

Baghdâdî, al-Khathîb, al-Jâmi’ li Akhlâq al-Râwî wa Âdâb al-Sâmi’, (Baghdad: Mu’assasah al-Risâlah, t.th.), vol.2Baghdâdî al-Khathîb, al-Kifâyah fî ‘Ilm al- Riwâyah, (Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1988)

Idri, Studi Hadis (Jakarta: Kencana, 2013)

Ismail, M. Syuhudi, Pengantar Ilmu Hadis, (Bandung: Angkasa, 1994),

‘Itr, Nur al-Din, Manhaj al-Naqd Fi ‘Ulum al-Hadis, (bairut: Dar al-Fiqk, t.th)

Khaldûn, Abd al-Rahmân ibn, Muqaddimah Ibn Khaldûn, editor Suhail Zakkar,(Beirut: Dâr al-Fikr, 2001), vol.1 Khumaysî, Abd al-Rahmân ibn Ibrâhîm, Mu’jam ‘Ulûm al-Hadîts al-Nabawî, (Jeddah: Dâr Ibn Hazm, t.th.)

Manzhûr, Muhammad ibn, Lisân al-‘Arab, (Kairo: Dâr al-Ma’ârif, t.th.), vol.3, no.13

Saifuddin, Tadwîn Hadis:Kontribusinya dalam Perkembangan Historiografi Islam, (Banjarmasin: Antasari Press, 2008), cet.1

Shalih, Subhi, Membahas Ilmu-ilmu Hadis, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2009)

Sulaiman, Noor, Antologi Ilmu Hadis, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)

Zakariyyâ, Abû al-Husayn Ahmad ibn Fâris ibn, Mu’jam Maqâyîs al-Lughah, editor ‘Abd al-Salâm Muhammad Hârûn, (Beirut: Dâr al-Fikr, 1979), vol. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anton Publishing Logo

Licence

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License