TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Implementasi dan Efektivitas)

Renni Hasibuan, Ira Safira Haerullah, Umi Machmudah

Abstract


Pembelajaran Bahasa Arab merupakan bagian penting dalam pengembangan kompetensi linguistik dan budaya di tengah masyarakat global yang semakin terhubung. Dalam upaya memastikan bahwa pembelajaran Bahasa Arab efektif dan relevan dengan perkembangan teknologi informasi, pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) muncul sebagai pendekatan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menggali implementasi dan efektivitas TPACK dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab meliputi empat keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik literature review dan studi observasional terhadap penelitian-penelitian yang relevan terkait topik yang dibahas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ditemukan ciri-ciri TPACK dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Adapun pelaksanaan komponen TPACK dalam maharah istima', materi diputar secara halus melalui metode sam'iyyah-bashariyah dengan penerapan cerita plotagon. Selanjutnya dalam maharah kalam materi disajikan dalam bentuk video melalui metode muhadatsah, munaqasyah, dan sardulqissah dengan aplikasi berbasis website learning.aljazeera.net. Selanjutnya pada Mahara Qiraah, materi disampaikan secara aktif melalui metode sam'iyyah-shafahiyah dengan media power point. Sedangkan maharah kitabah, materinya ditampilkan secara aktif melalui metode sam'iyyah-bashariyyah dengan aplikasi youtube. dari berbagai hasil penelitian yang tekah dibahas, mengindikasikan bahwa penggunaan TPACK dalam pembelajaran Arab dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, serta membantu guru dalam mendesain pengalaman pembelajaran yang lebih menarik.

Full Text:

PDF

Abstract views : 472 times
PDF : 333 times

References


Agusta Ryandi. (2020). Implementasi Peraturan Menteri Pendidikann Nasional No. 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Wahtahan Pusaran 8 Kecematan Enok. Sekolah Tinggi Agama Islam Auliyaurrasyidin.

Armiyati, L., Siliwangi, U., Fachrurozi, M. H., & Siliwangi, U. (2022). Technological pedagogical content knowledge ( TPACK ) mahasiswa calon guru di Tasikmalaya. 09(02), 164–176.

Best, J. (1970). Research in Education. Prentice Hall.

Dag, D. (2017). Pre-Service Teachers’ TPACK Development and Conceptions through a TPACK-Based Course. Australian Journal of Teacher Education, 42(11), 150–171. https://doi.org/https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n11.10

Hasan, L. M. U., & Machmudah, U. (2022). Imla’ Learning Media by Using Youtube for Prospective Students at Gontor Islamic Boarding School Darussalam. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644(Islage 2021), 65–69. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.008

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 1017–1054.

Mahmudah, U., & Rahmawati, F. A. (2021). تصميم الوسائل التعليمية القائمة على “Powerpoint” لمادة مهارة القراءة في الفصل التحضيري بجامعة دار السلام كونتور. 845–856.

Mahmudah, U., & Rochma, S. N. (2022). Pembelajaran Maharah Kalam dengan Media “Learning.Aljazeera.Net” di Universitas Darussalam Gontor. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 45–68. https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2607

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(April), 14–18.

Nuangchalerm. (2020). TPACK in ASEAN perspectives: Case study on Thai pre-service teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4). https://doi.org/https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20700

Padmavathi. (2017). Preparing Teachers for Technology Based Teaching. Journal on School Educational Technology, 12, 1–9.

Salma, K. N., Machmudah, U., & Nurhidayati, N. (2022). Development of Listening Skills Materials Using Plotagon Story Application Multimedia. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644(Islage 2021), 70–75. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.009

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 417–422.

Terpstra, M. (2015). Tpacktivity: An activity-theory lens for examining tpack development. In Technological Pedagogical Content Knowledge: Exploring, Developing, and Assessing TPCK. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-8080-9_4

Trisyanti dan Prasetyo, B. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK: Journal of Proceedings Series, 5, 22–27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UPT Pengembangan Bahasa, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji. Kota Padang, Sumatera Barat 25153