Risk Assessment pada Aplikasi Media Edukasi Berbasis Online Edmodo Menggunakan Framework OCTAVE Allegro

Soetam Rizky Wicaksono, Pandyawan Kusumo Kresno Putro, Melvin Natalino Chandra, Fitria Melati Rachmasari

Abstract


Kemudahan akses bisa menjadi bumerang bagi developer dari situs aplikasi sistem informasi akademis karena dengan ini kemungkinan seseorang dalam melakukan peretasan terhadap situs menjadi lebih tinggi. Karenanya dibutuhkan penakaran risiko atau risk assesment  terhadap situs untuk mampu mengenali dan memahami risiko dalam akses tersebut. Salah satu metode untuk risk assessment yang dianggap baik adalah menggunakan OCTAVE. OCTAVE terkenal memiliki sifat yang subyektif terhadap obyek penelitiannya, selain itu berdasarkan pengalaman pada dokumen OCTAVE, organisasi yang berhasil dalam mengaplikasikan assessment selanjutnya akan berhasil memanfaatkan secara maksimal informasi aktivitas manajemen risiko dan membuat mereka mampu untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti berbagai aktivitas yang dapat mempengaruhi manajemen risiko. Pada penelitian ini digunakan aplikasi Edmodo sebagai obyek studi kasus. Edmodo merupakan satu dari berbagai media edukasi terbesar di dunia berbasis online yang memiliki 100 juta member yang terdiri 400.000 sekolah yang bergabung dengan aplikasi ini. Jumlah yang lumayan besar ini memunculkan beberapa risiko yang dapat muncul terkait dengan Edmodo, seperti email resmi yang digunakan untuk daftar bisa disalahgunakan dan diperjualbelikan, lalu di dalam Edmodo juga memiliki 700 juta lebih materi yang digunakan untuk edukasi yang memiliki kemungkinan terjadinya kebocoran materi. Dari proses penelitian, didapatkan hasil pada salah satu worksheet 10 OCTAVE Allegro dengan skor relative risk score 34 yang memiliki arti bahwa obyek yang dilakukan penakaran (assessment) memiliki kepentingan yang cukup tinggi untuk ditindaklanjuti.


Keywords


Manajemen Risiko, OCTAVE Allegro, Edmodo, Sistem Informasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/isrj.v1i02.2447
Abstract views : 291 times
PDF : 272 times

References


Risiko Kerawanan Informasi Dengan Menggunakan Metode OCTAVE Allegro,” J. Pustak. Indones., vol. 14, no. 1, pp. 14–22, 2015.

C. Alberts, A. Dorofee, J. Stevens, and C. Woody, “Introduction to the OCTAVE ® Approach,” no. August. pp. 1–27, 2003.

R. A. Caralli, J. F. Stevens, L. R. Young, and W. R. Wilson, “Introducing OCTAVE Allegro : Improving the Information Security Risk Assessment Process,” 2007.

N. Matondang, I. N. Isnainiyah, and A. Muliawatic, “Analisis Manajemen Risiko Keamanan Data Sistem Informasi (Studi Kasus: RSUD XYZ),” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 282–287, 2018, doi: 10.29207/resti.v2i1.96.

Edmodo, “About Edmodo,” 2021. https://go.edmodo.com/about/.

M. Zakaria, “Tentang Edmodo : Pengertian, Manfaat, dan Fitur-Fiturnya yang Wajib Anda Ketahui,” 2018. .

PECB, “OCTAVE.” PECB, 2010.

A. Gui, S. Gondodiyoto, and I. Timotius, “PENGUKURAN RESIKOTEKNOLOGI INFORMASI ( TI ) DENGAN mETODE OCTAVE-S,” CommIT, vol. 2, no. 1, pp. 33–38, 2008.

A. S. V. Putri, “THE IMPLEMENTATION OF BILINGUALISM IN THE TEACHING LEARNING ACTIVITIES AT INTERNATIONAL ( A Descriptive Qualitative Study in SD Negeri SBI Gemolong in the 2009 / 2010 Academic Year ) Arranged by : VINA ARDIAN SEPTYANI PUTRI TEACHER TRAINING AND EDUCATION,” SEBELAS MARET UNIVERSITY, 2010.

H. B. Seta, Theresiawati, and T. Rahayu, “MANAJEMEN RISIKO APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE PADA UNIVERSITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE OKTAVE ALLEGRO,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, 2017, pp. 7–12.

D. Ahmad Jakaria, R. Teduh Dirgahayu, and H. Magister Informatika, “Manajemen Risiko Sistem Informasi Akademik pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metoda Octave Allegro,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2013, vol. 37, pp. 1907–5022.

N. Nelmiawati, F. R. Destrianto, and M. A. R. Sitorus, “Manajemen Risiko Ancaman pada Aplikasi Website Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Batam Menggunakan Metode OCTAVE,” J. Integr., vol. 9, no. 1, p. 35, 2018, doi: 10.30871/ji.v9i1.284.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Fakultas Sains dan Teknologi 
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Sungai Bangek, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.