Sistem Informasi Pengelolaan Pemasangan Sambungan Baru Pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Banggai Kepulauan

Trisno Wibowo K, Uswatun Hasana

Abstract


PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)  Kabupaten Banggai Kepulauan adalah badan usaha milik pemerintah yang memiliki cakupan usaha dalam pengelolaan air minum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek sosial, kesehatan, dan pelayanan umum. Untuk meminimalkan kendala dalam sistem pemasangan sambungan baru yang masih manual dikembangkan sistem terkomputerisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Sistem ini diimplementasikan dengan menggunakan aplikasi visual basic dengan rancangan diagram Flowmap, DFD, dan ERD. Kesimpulan dari penelitian ini, 1) Sistem informasi ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola data pemasangan sambungan baru agar lebih cepat, akurat dan efisien, serta meminimalkan kesalahan-kesalahan pencatatan data sambungan baru. 2) Dengan adanya Sistem informasi ini, dapat membantu direksi  untuk mengambil keputusan karena penyajian laporan yang dihasilkan lebih cepat dibandingkan dengan sistem pemasangan sambungan baru secara manual.


Keywords


Sistem Informasi, PDAM, Web

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/isrj.v2i01.3809
Abstract views : 206 times
PDF : 332 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Fakultas Sains dan Teknologi 
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Sungai Bangek, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.