Sistem Informasi E-Rapor Kurikulum 2013 Melalui Platform Website (Studi Kasus : MTs Darul Hikam Bantur)

Kiki Dwi Febriana, Priska Choirina, Bagus Seta Inba Cipta, Amalia Agung Septarina

Abstract


MTs Darul Hikam Bantur, terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, masih menggunakan proses pengelolaan nilai siswa secara manual dengan Microsoft Excel. Tantangan dalam proses ini meliputi keberulangan data, ketidakakuratan, dan kesalahan perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses tersebut melalui pengembangan Sistem Informasi E-Rapor Kurikulum 2013 berbasis website. Metode pengembangan yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD), dengan tahapan perencanaan kebutuhan, desain sistem, dan implementasi. Pengujian dilakukan menggunakan Black-box Testing dan White-box Testing. Hasil pengujian menunjukkan keberhasilan sistem mencapai 100%, menandakan efektivitas dan validitasnya sesuai kebutuhan. Dengan demikian, sistem ini siap untuk mengoptimalkan pengelolaan nilai siswa di MTs Darul Hikam Bantur secara efisien dan efektif.


Keywords


E-Rapor; Rapid Application Development (RAD); MTs Darul Hikam Bantur

Full Text:

PDF

References


E. Y. Nurwanti and A. Meyliana, “Aplikasi ‘Sipelapor’ Untuk Pengolahan Nilai Rapor pada SMP Negeri 26 Purworejo,” vol. 11, no. 2, 2019.

H. Hilmin, D. Noviani, and A. Nafisah, “Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka,” Khatulistiwa J. Pendidik. Dan Sos. Hum., vol. 2, no. 2, pp. 148–162, Jun. 2022, doi: 10.55606/khatulistiwa.v2i2.565.

R. L. Hikmah and A. Ramdani, “Manajemen Program E-Rapor di SMA Negeri 7 Mataram,” vol. 7, no. 3, 2021.

A. I. K. Wardani and A. I. Nurhidayat, “Rancang Bangun Sistem Informasi Raport Online Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel,” 2019.

A. S. Puspaningrum, N. Neneng, I. Saputri, and F. Ariany, “Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada SMA Tunas Mekar Indonesia,” J. Komputasi, vol. 8, no. 2, Oct. 2020, doi: 10.23960/komputasi.v8i2.2692.

N. Abdullah, A. S. Sukamto, and H. Novriando, “Aplikasi Hasil Belajar Siswa Berbasis K13 (Studi Kasus : SMK N 6 Pontianak),” vol. 10, no. 1, 2022.

E. Y. Nurwanti and A. Meyliana, “Aplikasi ‘Sipelapor’ Untuk Pengolahan Nilai Rapor pada Smp Negeri 26 Purworejo,” vol. 11, no. 2, 2019.

Y. A. M. Ambabunga and E. A. Sampetoding, “Pemanfaatan Sistem Aplikasi E-Rapor Untuk Memudahkan Proses Penginputan Nilai Siswa SMA Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi di Masa Pandemi Covid–19,” Indones. J. Community Serv., vol. 1, no. 2, pp. 336–341, 2021.

M. Mustakim, N. Fitrianingsih, and I. Fitriati, “Pengembangan Aplikasi E-Raport Berbasis Graphical User Interface (GUI) dengan Menggunakan VB. Net 2010 di SMKN 10 Bima,” J. Pendidik. Mipa, vol. 9, no. 1, pp. 67–75, 2019.

A. Pratycia, A. D. Putra, A. G. M. Salsabila, F. I. Adha, and A. Fuadin, “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. Sains Dan Komput., vol. 3, no. 01, pp. 58–64, 2023.

M. Laili, “Ketepatan Kontruksi Butir Pilihan Ganda Bahasa Arab,” ALSUNIYAT J. Penelit. Bhs. Sastra Dan Budaya Arab, vol. 3, no. 2, pp. 111–124, 2020.

M. Yunus, B. Seta Inba Cipta, and U. Mudhifatul Jannah, “Rancang Bangun Aplikasi Game Untuk Pembelajaran Metematika Tingkat Sekolah Dasar,” J. Sist. Inf. Dan Inform. JUSIFOR, vol. 1, no. 2, pp. 112–121, Dec. 2022, doi: 10.33379/jusifor.v1i2.1637.

R. Baqi, P. Choirina, U. Mudhifatul, F. Wahyudi, and P. P. Darajat, “Sistem Informasi Manajemen Administrasi PKL Dan Skripsi (SIMADU) Menggunakan Rapid Application Development (RAD): Studi Kasus: Fakultas Sains dan Teknologi UNIRA,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 6, no. 2, pp. 164–173, 2022.




DOI: https://doi.org/10.15548/isrj.v4i01.8846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Fakultas Sains dan Teknologi 
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Sungai Bangek, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.