Pengembangan Modul Fisika Berbasis REACH Berintegrasi Al-Quran Materi Suhu dan Kalor

Artha Nesa Chandra, Venny Haris, Derma Yulita

Abstract


Anggapan siswa mengenai materi fisika yang sulit, tidak menarik membuat mereka tidak aktif pada pembelajaran fisika. Ditambah lagi penggunaan buku cetak dan LKS yang dipinjamkan sekolah atau difotocopi siswa. Bahasanya sulit dipahami, hanya berisi rangkuman singkat terkait materi, rangkuman rumus-rumus, soal-soal latihan yang sangat banyak dan tidak berbasis suatu strategi serta tidak menuntun siswa untuk menemukan konsep. Ini merupakan latar belakang mengapa peneliti mengembangkan  modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an.   Sehingga dihasilkan modul yang valid dan praktis yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa serta membuat siswa dapat belajar secara mandiri dan aktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research development) terdiri dari tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi modul, lembar wawancara dan angket respon siswa. Uji validasi modul dibantu oleh 3 orang dosen dan 1 orang guru sebagai validator, setelah uji kelayakan modul, maka dilakukan penyebaran angket respon siwa yang melibatkan  23 orang siswa. Pengisian angket menggunakan skala Likert dengan range 1-4, data yang didapat kemudian dianalisis secara kuantitatif sesuai dengan kriteria validitas dan praktikalitas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an pada materi suhu dan kalor sangat  valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 84,24%. Untuk kepraktisan modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an materi suhu dan kalor memiliki kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 91,76%

Keywords


Modul fisika, berintegrasi Al-quran, REACH, Valid, Praktis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jostech.v1i2.3097
Abstract views : 348 times
PDF : 241 times

References


Wina Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Nelmi Agustina, dkk. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran CTL Untuk Mencapai HOTS Pada Materi Getaran Harmonis. 4th International Conference on Education September 25-26, 2019 “Innovation in Islamic Education: Challenges and Readiness in Society 5.0”.

Sang Putu Sri Jaya (2012), PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal teknologi Pembelajaran Indonesia. Volume 1 No 2 Tahun 2012.

Artha Nesa Chandra, dkk. (2020). Desain LKPD Fisika Berorientasi Al-Qur’an dengan Strategi Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMA/MA. SAINSTEK : JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI. Juni 2020 Vol 12 No 1 ISSN: 2085-8019 (p) ISSN: 2580-278X (e) pp : 5-14.

Ulfah Larasati Zahro, dkk. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika (2017) Vol.2 No.1 63-68. ISSN: 2338-1027. Februari 2017.

Mulich. 2008.

Kurniawan. 2014

Anton Iful Riyanto. 2014. Penerapan Srategi Pembelajaran React Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa. Dalam jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim E. 2019. Implementasi Modul Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model React Berbasis Kontekstual Pada Konsep Usaha Dan Energi. JPJ 1(1) (2019) 1-13 Jambura Physics Journal. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JPJ ISSN: 2654-9107 DOI: 10.34312/JPJ.V1I1.2281. April 29 2019.

Novi Ayu Kristiana Dewi. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring (React) Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Dan Kreativitas Siswa. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol 4, No. 2, 2015 (hal 47-56) http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains.

N. Lizelwati. 2019. Developing instructional devices of general physics practicum integrated with Al-Quran for department of physics education IAIN Batusangkar. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1185 (2019) 012039. IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1185/1/012039.

Andi prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : Diva Press

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta

isra

azhar arsyad 2002

Andi Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta : Kencana Prenada Media Group

Marno. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JOSTECH: Journal of Science and Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.