Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Ayo Membayar Zakat Melalui Model Market Place Activity
Abstract
Dalam ajaran Islam zakat adalah ibadah yang hukumnya adalah Fardhu ‘Ain bagi setiap umat Islam yang mampu dan memiliki kelebihan harta. Cara mengeluarkan zakat memiliki ketentuan-ketentuan yang berbeda baik Zakat Fitrah ataupun Zakat Mal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dalam memahami materi tentang zakat dan ketentuannya melalui penerapan model Market Place Activity (MPA). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 12 Tiumang Kabupaten Dharmasraya berjumlah 20 orang dengan latar belakang sosial ekonomi berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang cukup signifikan, yaitu pada siklus I siswa yang tuntas 10 orang atau 50,0 % secara klasikal dan siklus II tuntas 13 orang atau 65,0 % dan pada Siklus III tuntas 17 orang atau 85,0 % secara klasikal serta ditunjukkan juga adanya peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I dan Siklus II hanya berada pada kriteria banyak dan siklus III pada kriteria banyak sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa model Market Place Activity (MPA) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi tentang membayar zakat.
Full Text:
PDF 1-9Abstract views : 582 times
PDF 1-9 : 699 times
References
Asmani. 2014. 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.
Bashori, B. (2017a). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141. Https://Doi.Org/10.21043/Jupe.V11i1.2031
Bashori, B. (2017b). Penerapan Strategi Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii C Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Mts Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Hikmah, 67–75.
Depdikbud. 2003. Undang - undang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.
Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Depag RI, 2007. Standar Isi dan Standar Kelulusan, Subdit Kurikulum dan Evaluasi.
Dr.I.G.A Wardani. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat penerbit Universitas Terbuka.
Dalil, R. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Game Pikat Pada Materi Zakat. Asaatidzah, 1(2), 114–123. Diambil dari https://www.jurnal.mgmppaismp.jabar.kreatif-pai.org/index.php/asaatidzah/article/view/29
Kementrian Pendidikan dan kebudayan, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi. (2014). Teknologi Rumah Belajar Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar
Melvin L Silberman. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Nyoman Eka Putrawan. 2019. Peningkatan Hasil belajarKognitif PPKn Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Volume 5, Number 1, pp. 13-22 P-ISSN:2407-4551.44.
Omar Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Cetakan ke VII. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Ruhyana, Implementasi Teknik Market Place Activity (MPA) Learning https://jorjoran.wordpress.com/2016/11/10/implementasi-teknik-market-place-activity-mpa-learning/ diakses tanggal 25/11/2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.