Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Atas

Sri Herlina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes tulis, dokumen, dan observasi. Sebagai sumber data yaitu; peserta didik dan guru. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, dapat diketahui implementasi model Discovery Learning pada peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Namun perlu dikolaborasikan dengan pembagian materi melalui hand out, diskusi kelas, serta pemberian reward. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan model Discovery Learning  ini diantaranya; 1) masih terdapat peserta didik masih merasa kesulitan dalam mendesain gallery; 2) peserta didik masih merasa malu untuk tampil melakukan presentasi. Kelebihan dalam pelaksanaan model Discovery Learning adalah; dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI, peserta didik merasa senang dalam belajar sambil ,mendesain gallery materi , peserta didik menjadi lebih percaya diri dalam berbicara di depan teman-temannya, dan peserta didik menyadari bahwa cara menguasai materi PAI itu mudah.


Full Text:

PDF 18-27

Abstract views : 331 times
PDF 18-27 : 661 times

References


Ahmad Susanto, 2012 Teori Belajar dan Pembelajaran , (Jakarta, PT Fajar Inter Pratama Mandiri

Bashori, B. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends di Mts Yapita Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Didaktik, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Budiningsih. Asri, (2012) , Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta , Rineka Cipta)

Dimyati, 2002. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Rineka CiptaAsep Jihad, Evaluasi Pembelajaran (Yogyakarta, Multi Pressindo)

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & ... (2020). Strategy of Boarding School (Pesantren) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Khalifa: Journal of Islamic …, 4(2), 142–160.

Risnita, R., & Bashori, B. (2020). The effects of Essay Tests and Learning Methods on Students’ Chemistry Learning Outcomes. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 332–341. https://doi.org/10.36681/tused.2020.30

Salmi, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 SMANegeri 13 Palembang, Jurnal PROFIT Volume 6, Nomor 1, Mei 2019

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Zaenol Fajri, Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD, Jurnal IKA vol 7 No. 2 Desember 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.