Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SD Negeri 05 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Mai Sitta Lina Susanti

Abstract


Penenlitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan  membaca materi huruf hijaiyah SD Negeri 05 Pulau Punjung pada kelas 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan kemampuan huruf hijaiyah melalui media kartu kata.  Penelitian ini merupakan penelitian kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 05 Pulau Punjung kelas 1 pada semester 1 dengan subyek siswa berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan praktik, kemudian data  diolah  menggunakan  teknik  analisis  deskriptif kualitatif. Penilitian ini dilaksanan dengan 2 siklus. Hasil penilitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghafal huruf hijaiyah dengan menggunakanmedia kartu kata. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu Pada siklus I siswa yang tuntas menghafal huruf hijaiyah 71 % naik menjadi 87 % pada siklus II ( 16 % naik ). Penelitian  ini  bermanfaat  untuk  guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek pada siswa  kelas  IV  SD  Negeri  05 Pulau Punjung  meningkat.

Full Text:

PDF 10-17

Abstract views : 283 times
PDF 10-17 : 236 times

References


Abdul Rauf, Abdul Aziz, Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah

Ahmad Warson Munawir, Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif, 1997

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2015

Arikunto, Suharsimi, Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta : Rajawali, 1992

Bashori. (2019a). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends di Mts Yapita Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bashori, B. (2019b). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Multikulturalisme. 11(2), 102–120.

Dian Siswanti “ Jurnal meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalu metode VAKT dengan media plastisin bagi abak tuna grahita ringan,

Desi Anwar. Kamus Bahasa Indonesia Modern.(Surabaya: 2002. Amelia Surabaya)

Hasan, Kardi, Penelitian Tindakan Kelas ( untuk Mahasiswa ) disampaikan dalam mata kuliah PTK, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang, 2009

Hidayati, Anita Lie, Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo, 2004

Rahayu Aryani “Jurnal peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiya

Susilo, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009 cet-2

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2008

Susilo, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher, 2009

Suyanto, Pengenalan Penelitian Tindakan, Yogyakarta : UKMP

Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Gita Media Press,tt

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi, Bandung: Citra Umbara, 201

Wahyudi, Qur’an Hadist MI kelas 1, CV.Abdi Pustaka

Warson Munawir, Ahmad, Almunawir Kamus Bahasa Arab Indonesia, Surabaya : Pustaka Progresif, 1997

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.