Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Baitul Ihza Sitapus Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan

Adriantoni Adriantoni, Jendriadi Jendriadi, Alfroki Martha

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTs Baitul Ihza Sitapus dengan menggunakan metode Picture and Picture dan metode kenvensional, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dari kedua metode tersebut. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Hasil penelitian ini meliputi: 1) Gambaran tes akhir hasil belajar di kelas eksperimen dengan metode picture and picture mata pelajaran fikih di kelas VII A MTs Baitul Ihza Sitapus berada pada ketegori tinggi. 2) rata-rata gambaran tes akhir hasil belajar metode konvensional pada mata pelajaran fikih di kelas VII B MTs Baitul Ihza Sitapus berada pada ketegori sedang. 3) Gambaran hasil akhir kedua kelas sampel melalui uji hipotesis atau hasil analisis diperoleh  = 0,05 dalam uji dua sisi maka   ditolak dan   diterima. Kesimpulanya terdapat perbedaan hasil belajar metode picture and picture dengan metode konvensional.


Full Text:

PDF 44-47

Abstract views : 281 times
PDF 44-47 : 91 times

References


Arikunto, S. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Getut, P. (2013). Smart Olah Data Penelitian dengan SPSS 21. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Linche, S. dkk. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2005). Belajar mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti pemula, Bandung: Alfabeta.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.