Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual di SMAN 1 Lengayang

Atika Gusriani, Zherry Putria Yanti, Debi Febianto

Abstract


Perangkat pembelajaran yang digunakan belum mampu menjawab kebutuhan siswa guna tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menjelaskan proses pengembangan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan kontekstual yang valid di SMA Negeri 1 Lengayang Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) hasil validasi silabus berbasis pendekatan kontekstual adalah 3,65 dengan kategori sangat valid,  (2) hasil validasi RPP berbasis pendekatan kontekstual adalah 3,68 dengan kategori sangat valid, (3)  hasil validasi RPP berbasis pendekatan kontekstual adalah 3,68 dengan kategori sangat valid, (4) hasil validasi LKS berbasis pendekatan kontekstual adalah 3,70 dengan kategori sangat valid, (5) hasil validasi penilaian berbasis pendekatan kontekstual adalah 3,67 dengan kategori sangat valid.


Full Text:

PDF 55-59

Abstract views : 171 times
PDF 55-59 : 87 times

References


Bashori. 2017. “The Implementation of Assessment Instant Strategy in Increasing of Akidah Akhlak Learning Outcomes on Class VII-B at Material of Blessed Behavior in MTs-Islamic Boarding School Al-Kahfi Subdistrict Bangun Purba Regency Rokan Hulu-Riau.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. doi: 10.29313/tjpi.v6i1.2320.

Bashori, Bashori. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits.” Hikmah 5(2):199–220.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ramadansyah. 2010. Paham dan Terampil Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: Dian Aksara Press.

Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.