Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Rumah Baca Anak Nagari (TBM RBAN) sebagai Sumber Belajar bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Tarok Dipo, Bukittinggi

Iswadi Syahrial Nupin, Beni Adri Yassin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih jelas mengenai pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Rumah Baca Anak Nagari (TBM RBAN) oleh Siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Tarok Dipo, Bukittinggi serta hambatan yang dialami oleh Ketua dan Voluntir TBM RBAN. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah wawancara dengan Ketua, Voluntir dan Siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Tarok Dipo, Bukittinggi yang berkunjung serta pengamatan terhadap aktivitas mereka ketika berada di TBM RBAN. Sumber data sekunder berasal dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan analisis model interaksi Milles dan Huberman (1994) yang berpangkal dari empat kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Tarok Dipo, Bukittinggi melakukan kunjungan rata-rata satu kali seminggu. TBM RBAN dimanfaatkan para siswa sebagai tempat belajar dan membaca buku serta bermain permainan tradisional. Namun dalam pengelolaannya ditemukan kesulitan seperti pendanaan, sikap pesimis masyarakat sekitar dan kurangnya perhatian pemerintah terhadap pembinaan TBM.

Keywords


Siswa Sekolah Dasar; Pemanfaatan; Sumber belajar; Taman Bacaan Rumah Baca Anak Nagari

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v6i1.8346
Abstract views : 14 times
PDF : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171