Pengaruh Kualitas Fasilitas Bilik Baca Segitiga Terhadap Minat Berkunjung Pemustaka ‎di Perpustakaan Universitas Nasional

Lili Sudria Wenny, Tara Azqiya

Abstract


Bilik baca segitiga yang disediakan oleh pihak Perpustakaan Universitas Nasional selain memberikan kenyamanan bagi pemustaka, kualitas pada fasilitas tersebut juga dapat meningkatkan minat berkunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penilaian pemustaka mengenai kualitas fasilitas bilik baca segitiga, untuk mengetahui seberapa besar minat berkunjung pemustaka dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas fasilitas bilik baca segitiga terhadap minat berkunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling sebanyak 100 responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan Program IBM SPSS Statistik Versi 22. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara positif antara Kualitas Fasilitas Bilik Baca Segitiga terhadap Minat Berkunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Nasional dengan hasil persamaan regresi Y = 7.841 + 0,445X. Selain itu, besarnya pengaruh dari variabel kualitas fasilitas bilik baca segitiga terhadap variabel minat berkunjung sebesar 55,2%.


Keywords


Kualitas Fasilitas Bilik Baca Segitiga; Minat Berkunjung; Perpustakaan Perguruan ‎Tinggi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v6i1.8633
Abstract views : 15 times
PDF : 8 times

References


Atmodiwirjo, P. (2009). Pedoman Tata ‎Ruang dan Perabotan Perpustakaan. ‎Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.‎

Bafadal, I. (2015). Pengelolaan ‎Perpustakaan Sekolah (Ed.1). Jakarta: ‎Bumi Aksara.‎

Dahlan, W. (2006). Kemasan Perpustakaan ‎yang Menjual. Jakarta: Gramedia ‎Pustaka Utama.‎

Darmono. (2001). Manajemen Dan Tata ‎Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: ‎Grasindo

Ikhtiromirosyid, F., & Jumino, J. (2019). ‎Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan ‎Kinerja Pustakawan Terhadap Minat ‎Kunjung Pemustaka Di Upt ‎Perpustakaan Universitas Pancasakti ‎Tegal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), ‎‎381–390. Diambil dari ‎https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23244‎

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing ‎Management Global Edition (Vol. ‎‎15E). ‎https://doi.org/10.1080/0891176090302‎‎2556‎

Kotler, Philip, John T. Bowen, and J. C. M. ‎‎(2006). Marketing for Hospitality and ‎Tourism (Fourth Edition). New Jersey: ‎Pearson Education.‎

Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). ‎Pengaruh Kualitas Produk dan Citra ‎Merek terhadap Minat Beli Laptop ‎Acer pada Mahasiswa Fakultas ‎Ekonomi dan Bisnis Universitas ‎Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa ‎Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), ‎‎11–19. ‎https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.46‎‎2 ‎

Mcdonald, A. (2007). The Top Ten Qualities ‎Of Good Library Space. (Karen Latimer ‎& Hellen Niegard, Ed.). United ‎Kingdom: Die Deutsche ‎Nationalbibliothek.‎

Moenir, A. S. (2016). Manajemen pelayanan ‎umum di Indonesia (Cet.12). Jakarta: ‎Bumi Aksara.‎

Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., ‎Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). ‎Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media ‎dalam Meningkatkan Minat Baca ‎Siswa. Khizanah al-Hikmah : Jurnal ‎Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan ‎Kearsipan,8(1),66. ‎https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7 ‎

Peraturan Republik Indonesia. Undang - ‎Undang Republik Indonesia Nomor 43 ‎Tahun 2007 (2007). Indonesia.‎

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. ‎Pedoman Penyelenggaraan ‎Perpustakaan Perguruan Tinggi ‎Perpustakaan Nasional Republik ‎Indonesia (2017). Diambil dari ‎https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/1‎‎20.pdf‎

Rachman Hermawan dan Zulfikar Zen. ‎‎(2006). Etika Kepustakawanan : Suatu ‎Pendekatan Terhadap Kode Etik ‎Pustakawan Indonesia (First Edition). ‎Jakarta: Sagung Seto.‎

Sadirman. (2016). Interaksi dan Motivasi ‎Belajar Mengajar (Ed. 1). Jakarta: ‎Rajawali Pers.‎

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2001). ‎Perilaku Konsumen. Jakarta: Prentice- ‎Hall.‎

Siregar, S. (2018). Metode Penelitian ‎Kuantitatif : Dilengkapi Dengan ‎Perbandingan Perhitungan Manual & ‎SPSS (Ed.1). Jakarta: Kencana.‎

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - ‎Faktor yang Memperngaruhinya ‎‎(Ed.Rev). Jakarta: Rineka Cipta.‎

Sudaryana, B. dan H. R. R. A. (2022). ‎Metode Penelitian Kuantitatif (Cet.1). ‎Yogyakarta: Deepublish.‎

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian ‎Manajemen : Pendekatan Kuantitatif, ‎Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), ‎Penelitian Tindakan (Action Research), ‎Penelitian Evaluasi. (Setiyawati, Ed.). ‎Bandung: Alfabeta.‎

Suhendar, Y. (2014). Panduan Petugas ‎Perpustakaan : Cara Mengelola ‎Perpustakaan Sekolah Dasar (Cet.1). ‎Jakarta: Prenadamedia Group.‎

Sutarno NS. (2006). Perpustakaan dan ‎Masyarakat (Ed.Rev). Jakarta: Yayasan ‎Obor Indonesia.‎

Syahrani, M. I. (2020). Pengaruh Fasilitas ‎

Perpustakaan Terhadap Kenyamanan ‎Membaca Mahasiswa. Imaji, 9(5), 481–‎‎490‎


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171