Pengaruh Kualitas Fasilitas Bilik Baca Segitiga Terhadap Minat Berkunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Nasional
Abstract
Bilik baca segitiga yang disediakan oleh pihak Perpustakaan Universitas Nasional selain memberikan kenyamanan bagi pemustaka, kualitas pada fasilitas tersebut juga dapat meningkatkan minat berkunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penilaian pemustaka mengenai kualitas fasilitas bilik baca segitiga, untuk mengetahui seberapa besar minat berkunjung pemustaka dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas fasilitas bilik baca segitiga terhadap minat berkunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling sebanyak 100 responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan Program IBM SPSS Statistik Versi 22. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara positif antara Kualitas Fasilitas Bilik Baca Segitiga terhadap Minat Berkunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Nasional dengan hasil persamaan regresi Y = 7.841 + 0,445X. Selain itu, besarnya pengaruh dari variabel kualitas fasilitas bilik baca segitiga terhadap variabel minat berkunjung sebesar 55,2%.
Keywords
Full Text:
PDF![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-doi.png)
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-graph.png)
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-pdf.png)
References
Atmodiwirjo, P. (2009). Pedoman Tata Ruang dan Perabotan Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Ed.1). Jakarta: Bumi Aksara.
Dahlan, W. (2006). Kemasan Perpustakaan yang Menjual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Darmono. (2001). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo
Ikhtiromirosyid, F., & Jumino, J. (2019). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Kunjung Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Pancasakti Tegal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 381–390. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23244
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Kotler, Philip, John T. Bowen, and J. C. M. (2006). Marketing for Hospitality and Tourism (Fourth Edition). New Jersey: Pearson Education.
Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462
Mcdonald, A. (2007). The Top Ten Qualities Of Good Library Space. (Karen Latimer & Hellen Niegard, Ed.). United Kingdom: Die Deutsche Nationalbibliothek.
Moenir, A. S. (2016). Manajemen pelayanan umum di Indonesia (Cet.12). Jakarta: Bumi Aksara.
Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan,8(1),66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7
Peraturan Republik Indonesia. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 (2007). Indonesia.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (2017). Diambil dari https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf
Rachman Hermawan dan Zulfikar Zen. (2006). Etika Kepustakawanan : Suatu Pendekatan Terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia (First Edition). Jakarta: Sagung Seto.
Sadirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Ed. 1). Jakarta: Rajawali Pers.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2001). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prentice- Hall.
Siregar, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (Ed.1). Jakarta: Kencana.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - Faktor yang Memperngaruhinya (Ed.Rev). Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryana, B. dan H. R. R. A. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet.1). Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. (Setiyawati, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Suhendar, Y. (2014). Panduan Petugas Perpustakaan : Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar (Cet.1). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutarno NS. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat (Ed.Rev). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Syahrani, M. I. (2020). Pengaruh Fasilitas
Perpustakaan Terhadap Kenyamanan Membaca Mahasiswa. Imaji, 9(5), 481–490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Maktabatuna
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171