Meninjau Ulang Dekonstruksi Konsep Aurat Wanita Dalam Teori Batas Ala Muhammad Syahrur

Autor(s): Sefri Auliya, Hidayatul Azizah Gazali
DOI: 10.15548/mashdar.v2i1.1359

Abstract

Muhammad Syahrur is one of the figures who is concerned in the issue of female Aurat.  Although his presence is very controversial, but he still tries to formulate his own concept.  According to him, Allah SWT has set the period of Aurat concept since the time of the Prophet Adam and Eve.  In fact, for him the measurement of Aurat is ashame and has nothing to do with halal and haram.  Through the Theory of boundary, Syahrur sets minimum and maximum limits to deconstruct the concept of females’ Aurat.  However, this method is considered wrong because it is to eliminate the sacredity of religious texts and contradict with the opinions among majority of scholars.

Keywords

Keyword: Muhammad Syahrur, konsep aurat wanita, batasan minimal, batasan maksimal, dekonstruksi, mayoritas ulama Keyword: Muhammad Syahrur, the concept of female aurate, the minimum limit, the maximum limit, deconstruction, the majority of scholars

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Abdullah, Mawardi, Ulumul Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).

Abu Zayd, Nasr Hamid, Mafhum al-Nash Dirasah fi ‘Ulum al-Qur’an, (Kairo: al-Hai’ah al-Mishriyah al-‘Ammah li al-Kitab, 1993).

Anwar, Rosikhun, Samudera al-Qur’an, (Bandung: Pustaka Setia, 2001).

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 1993).

Arkoun, Muhammad, terj. Berbagai Pembacaan al-Qur’an, (Jakarta: INIS, 1997).

Almirzanah, Syafa’atun dan Sahiron Syamsuddin, Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Qur’an dan Hadis (Teori dan Aplikasi), (Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2012).

Azzam, Abdul Aziz, al-Qawaid al-Fiqhiyah, (Kairo: Dar al-Hadist, 2005).

Fachruddin, Fuad Mohd., Aurat dan Jilbab dalam Pandangan Mata Islam, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1984).

Furchan, Arief dan Agus Maimun, Studi Tokoh: Studi Penelitian Mengenai Tokoh, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Hamka, Tafsir al-Azhar, (Jakarta: PT. Pustaka Panjimas, 1988).

Husaini, Adian., dan Abdurrahman al-Baghdadi, Hermeneutika dan Tafsir Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani, 2007).

Ikhwan, Muhammad Nur, Hermeneutika al-Qur’an: Analisis Peta Perkembangan Tafsir al-Qur’an Kontemporer, (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 1995).

Ismail, Ahmad Syarqawi, Rekonstruksi Konsep Wahyu Muhammad Syahrur, (Yogyakarta: eLSAQ Press, 2003).

Izzan, Ahmad, Metodologi Ilmu Tafsir, (Bandung: Tafakkur, 2009).

Kementerian Agama RI, Tafsir al-Qur’an Tematik: Kedudukan dan Peran Perempuan, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2012).

Al-Maraghi, Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maraghi, (Beirut: Dar al-Fikr, 1993).

Meuleman, Johan Hendrik, terj. Tradisi Kemodernan dan Metamodernisme: Memperbincangkan Pemikiran Muhammad Arkoun, (Yogyakarta: LKiS, 1996).

Mubarok, Ahmad Zaki, Pendahuluan; Pendekatan Strukturalisme Linguistik dalam Tafsir Kontemporer “ala” Muhammad Syahrur, (Yogyakarta: eLSAQ Press, 2007).

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penulisan Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Suarsiah, 2000).

Mustaqim, Abdul, Epistemologi Tafsir Kontemporer, (Yogyakarta: Lkis, 2012).

Rahman, Fazlur, Tema Pokok Al-Qur’an, terj. Anas Mahyudin, (Bandung: Pustaka, 1983).

Saleh, A. Khudhori, Pemikiran Islam Kontemporer, (Yogyakarta: Jendela, 2003).

Shah, M. Aunul Abied., dan Hakim Taufik, Islam Garda Depan: Mosaik Pemikiran Islam Timur Tengah, (Bandung: Mizan, 2001).

Shihab, Muhammad Quraish, Tafsir al-Mishbah: Kesan, Pesan, dan Keserasian al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2004), Vol. 9, h. 326

--------------, Wawasan al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 2007).

Ash-Shiddiqy, Teungku Muhammad Hasbi, Tafsir al-Quranul Majid (Tafsir Annur), (Jakarta: Pustaka Rizki Putra Semarang, 1995).

Sukandi, Arif, Metode dan Analisis Penelitian, (Jakarta: PT. Glora Alsora Pratama, 1991).

Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001).

Syahrur, Muhammad, al-Kitab wa al-Qur’an: Qira’ah Mu’ashirah, (Damaskus: Dar al-Ahali li al-Thiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, 1992), cet. IV.

---------------, al-Islam wa al-Iman: Manzumah al-Qiyam, (Damaskus: Dar al-Ahali li al-Thiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, 1996), cet. I.

---------------, Nahwa Ushul Jadidah li al-Fiqhi al-Islami, (Damaskus: Dar al-Ahali li al-Thiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, 2000), cet. I.

----------------, Dirasat Islamiyyah Mu’asirah fi al-Daulah wa al-Mujtama’, (Damaskus: Dar al-Ahali li al-Thiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, 1994), cet. I.

Syamsuddin, Sahiron., dan Burhanudin Dzikri, Dasar dan Prinsip Hermeneutika al-Qur’an Kontemporer, (Yogyakarta: eLSAQ Press, 2012).

---------------, Prinsip dan Dasar Hermeneutika Hukum Islam Kontemporer, (Yogyakarta: eLSAQ Press, 2008).

---------------, Metodologi Fiqih Islam Kontemporer, (Yogyakarta: Kalimedia, 2015).

Asy-Syaukani, Muhammad bin Ali bin Muhammad, Nailul Authar, (Beirut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, 1995).

Zaidan, Abdul Karim, Ensiklopedi Hukum Wanita dan Keluarga, (Jakarta: Robbani Press, 1997).

Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.