Isrāīliyyāt Discourse in Virtual Space: A Sociolinguistic Analysis of Gus Baha's Interpretation in Santri Gayeng YouTube Channel
DOI: 10.15548/mashdar.v5i2.7185Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R., & Masduki, M. (2017). KARAKTERISTIK TAFSIR NUSANTARA (Studi Metodologis atas Kitab Turjumun al-Mustafid Karya Syekh Abdurrauf al-Singkili). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 16(2), 141.
Abidin, A. Z., & Chayati, D. C. (2023). Tafsir Youtubi: Penafsiran Gus Baha’ tentang Pengikut Nabi Isa pada Surah Āli ‘Imrān/3: 55. Suhuf, 15(2), 331–354. https://doi.org/10.22548/shf.v15i2.667
Arif, M. C. (2012). Etnografi virtual: Sebuah tawaran metodologi kajian media berbasis virtual.
Arma. (2012). ISRAILIYAT DALAM TAFSIR AL-QUR‘AN. Al-Fath, 06(02), 37–39. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjmxaDX0cPzAhX1_XMBHUCgAwgQFnoECAIQAQ&url=https%3A%2F%2Fadoc.tips%2Fdownload%2Fbab-2-landasan-teori294074b5647acbc51fc2a7055536b95a44523.html&usg=AOvVaw3tQ8UCQ2stW7nrQ
Asiah, S. (2017). Bibel Sebagai Sumber Tafsir Dalam Qur’an: A Reformist Translation (Studi Intertekstualitas Terhadap QS. Al-Baqarah). [UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29274/
Al-Dzahabi, M. H. (1920). At-Tafsīr wa’l-mufassirūn: Baḥṯ tafṣīlī ʿan našʾat at-tafsīr wa-taṭauwurihī, wa-alwānihī wa-mad̲āhibihī, maʿa ʿarḍ šāmil li-ašhar al-mufassirīn, wa-taḥlīl kāmil li-ahamm kutub at-tafsīr, min ʿaṣr an-Nabī ṣallā Allāh ʿalaihī wa-sallama ilā ʿaṣrinā al-ḥāḍir. Dar al-Hadis.
Fathurrosyid. (2020). NALAR MODERASI TAFSIR POP GUS BAHA’. Suhuf, 13(1), 77–101. https://doi.org/https://doi.org/10.22548/shf.v13i1.528
Gayeng, S. (2018). Deskripsi Channel. Youtube. https://www.youtube.com/@gayengco/about
Gayeng, S. (2023a). Gus Baha: “Nabi Kok Punya Istri 1000?!” Youtuber.
Gayeng, S. (2023b). Gus Baha’: “Saya Tidak Pernah Mengaminkan Doa Ini!". Youtube2.
Gayeng, S. (2023c). Playlist Tafsir 27: QS an-Naml [Youtube]. 2Youtube. https://www.youtube.com/playlist?list=PLbdrQgzjWWqSLs-sYd5otcpb1oPRTihnJ
Haris, A. M., Margana, S., & Al Makin, A. M. (2016). Study on Bisri Mustofa, Haji Abdul Malik Karim Amrullah [Hamka] and Quraish Shihab’s Tafsîr on Isrâ’îlîyât. Religió: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(2), 253–278. https://doi.org/10.15642/religio.v6i2.606
Ibrahim, M., & A.K, M. (2004). Israiliyat dalam Kitab Tafsir Anwar Baidawi. Jurnal Islamiyyat, 2(6).
Kamil, A. Z. (2019). TAFSIR AL-QUR’AN DAN IDEOLOGI (Pemikiran Keagamaan Mudhar Tamim dalam Tafsir Alqur’anul Karim Nurul Huda) [UIN Sunan Ampel]. http://digilib.uinsa.ac.id/31575/4/Ahmad Zaidanil Kamil_F52517158.pdf
Labov, W., & Waletzky, J. (1997). Narrative Analysis: Oral Versions of Personal Experience. Journal of Narrative and Life History, 7(1–4), 3–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1075/jnlh.7.02nar
M. Dalip. (2022). Pandangan Mahmud Yunus Terhadap Penggunaan kisah Israiliyat Dalam penafsiran AlQuran (Studi Kritis Atas Kitab Tafsir Quran Karim Karya Mahmud Yunus). Jurnal Studi AlQuran Hadis Dan Pemikiran Islam, 4(2), 26.
Madaniy, A. M. (2009). ISRAILIYYAT DAN MAUDU’AT DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (STUDI TAFSIR AL-JALALAIN) [UIN Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15246/
Miski, M. (2023). Seni Meneliti al-Qur’an & Hadis di Media Sosial. CV. Maknawi.
Mufidah, N. (2020). Pemahaman santri terhadap kisah Isrāīliyyāt dalam Tafsīr Jalālain: studi Ponpes Apis Sanan Gondang Blitar. UIN Sunan Ampel.
Musthofa, Q. (2022). Profil KH. Bahaudin Nur Salim (Gus Baha) dan Pengaruhnya pada Generasi Milenial. Musala : Jurnal Pesantren Dan Kebudayaan Islam Nusantara, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.37252/jpkin.v1i1.144
Nasrullah, R. (2018). Etnografi virtual: Riset komunikasi, budaya, dan sosioteknologi di internet. Sembiosa Rekatama Media.
Omara, N. (2019). Deskripsi Channel. Youtube.
Omara, N. (2021). Merajai Jin, Angin dan Bisa Berbahasa Hewan—Kisah Nabi Sulaiman AS. Youtube.
Omara, N. (2023a). Playlist Kisah Para Nabi dan Sahabat. Youtube. https://www.youtube.com/playlist?list=PLgJcpACYvlhxz-yfZCnjqpYQHsl6-R1mv
Omara, N. (2023b). Playlist Kisah Sahabat Nabi. Youtube.
Qudsy, S. Z., & Muzakky, A. H. (2021). Dinamika Ngaji Online Dalam Tagar Gus Baha: Studi Living Qur’an Di Media Sosial. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.53491/porosonim.v2i1.48
Al-Qurthubi, A. ’Abdullah M. bin A. bin A. B. A.-A. (1964). al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Dar al-Kutb Al-Misriyah.
Rozali, M., Nurul, &, & Lubis, S. (2022). Israiliyat: Histori Eksistensi Dan Tokoh. Al-Kaffah, 10(2), 152–153.
S, H. (2002). Study ulumul Qur’an. Intimedia Cipta Nusantara.
Shihab, M. Q. (2012). Surah Yûsuf, Surah ar-Raʿd, Surah Ibrâhîm, Surah al-Hijr, Surah an-Nahl (Cetakan 5). Lentera Hati.
Shihab, N. (2020). Gus Baha dan Abi Quraish Menjawab Soal Cinta, Taaruf dan Fans K-pop (Part 2). Youtube.
Refbacks
- There are currently no refbacks.