PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DI PKBM

Nurina Kurniasari Rahmawati, Abdul Hakim Maruf, Andy Ahmad, Nurimani Nurimani

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu para siswa paket di PKBM dalam pembelajaran  yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa untuk terus mendalami pembelajaran seperti matematika, IPA, ekonomi dan sosial. Selain itu pengabdian ini memberikan motivasi kepada siswa terkait masa depan yang akan mereka hadapi setelah lulus nanti. Kurangnya pengetahuan para siswa tentang rencana kedepan membuat banyak siswa PKBM yang justru menjadi pengangguran, hal tersebut karena kurangnya pengetahuan tentang persiapan memasuki dunia kerja serta jika ingin kuliah kurangnya pengetahuan tentang jurusan yang akan diambil dan bagaimana memilih perguruan tinggi yang baik dan benar. Pendampingan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatnya minat belajar dan motivasi para siswa di PKBM  Negeri 17 Wilayah Tanjung Priok, dengan jumlah peserta sebanyak 30 mahasiswa yang berasal dari paket B dan C. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah persiapan, sosialisasi, dan pelaksanaan kegiatan. Setelah kegiatan dilaksanakan dilakukan analisis dan evaluasi, terlihat bahwa anak- anak mengalami peningkatan dalam pemahaman nya terkait matematika, IPA, matematika dan sosial, motivasi mereka meningkat untuk bisa memperbaiki masa depan mereka dengan melanjutkan ke perguruan tinggi. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari para siswa PKBM dan diharapkan bisa terus berlanjut untuk membimbing anak- anak dalam belajar matematika.


Kata Kunci: konsep dasar matematika, pengabdian masyarakat, pembelajaran menarik.

Keywords


konsep dasar matematika, motivasi, pengabdian masyarakat, pembelajaran menarik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jso.v1i1.3846
Abstract views : 228 times
PDF : 399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics
View My Stats