Optimalisasi Proses Pembelajaran Di SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas

Chrisnaji B. Yudha, Arie Purwa Kusuma, Mochamad F., Neti Maria E. D., Maria Rinta P. W., Tiara Puspa

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas adalah bentuk refleksi diri bagi seorang guru untuk dapat memahami situasi-siatuasi sosial termasuk dalam pendidikan yang bertujuan memperbaiki praktik yang dilakukan oleh guru itu sendiri sehingga praktik dapat berjalan sesuai harapan dan relevan dengan keadaan. Tujuan Melaksanakan kegiatan pengabdian dengan melakukan kegiatan Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menjadi salah satu tuntutan kompetensi. Dalam pelaksanaannya menggunakan metode pemamparan materi secara teori, diskusi dan latihan pembuatan proposal penelitian. Teknis pelaksanaanya adalah penyusunan proposal yang meliputi klinis penyusunan proposal, menyampaikan beberapa model pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian, pendampingan pelaksanaan penelitian dan penyusunan akhir laporan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini, para peserta bertambah pemahamannya pada PTK sehingga ilu yang di dapatkan oleh para peserta dapat digunakan sebagai proses perbaikan pebelajaran di kelas. Dengan peningkatan kemampuan ini proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jso.v2i1.5696
Abstract views : 219 times
PDF : 645 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics
View My Stats