PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Chrisnaji B. Yudha, Arie Purwa Kusuma, Elsa Putri S., Innesry S., Eries Riski W.

Abstract


Peran teknologi informasi dalam penyusunan bank soal saat ini memang sangat dibutuhkan dan diharuskan. Mengingat di era sekarang teknologi menjadi pokok utama dalam berbagai aktivitas. Teknologi dapat mempermudah implementasi proses pembelajaran serta evaluasi yang berbasis literasi dan numerasi. Guru mempunyai peran yang esensial dan memiliki pengaruh besar terhadap kualitas pembelajaran, terutama pada era digitial pada saat ini. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh STKIP Kusuma Negara ini adalah untuk meningkatkan budaya literasi dan numerasi di sekolah dan untuk mengetahui bagaimana peran literasi dalam kehidupan bermasyarakat pada era digital saat ini yang akan terus menerus dengan adanya perkembangan teknologi. Budaya literasi sendiri mempunyai hubungan dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis anak pada pendidikan tingkat sekolah dasar.. Dalam menumbuhkan minat membaca, menulis dan berhitung, budaya literasi dan numerasi merupakan kunci terpenting dalam terealisasinya minat tersebut. Program pengabdian dilakukan secara kolaboratif oleh kelompok dosen dan mahasiswa. Subjek pengabdian ini adalah guru, calon guru SD dan mahasiswa yang telah mendaftar melalui google form. Hasil pengabdian yang diperoleh adalah meningkatnya pemahaman para guru, calon guru atau mahasiswa terkait pembelajaran literasi dan numerasi berbasis digital.

Kata Kunci: literasi, numerasi, pembelajaran digital

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jso.v3i1.8325
Abstract views : 11 times
PDF : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics
View My Stats