PSIKOEDUKASI DETEKSI DINI GANGGUAN JIWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN GANGGUAN JIWA
Abstract
Terjadi peningkatan kasus gangguan jiwa dari tahun ke tahun. Akan tetapi pengetahuan masyakarat mengenai gangguan jiwa masih cenderung kurang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas psikoedukasi deteksi dini dalam meningkatkan literasi masyarakat terhadap gangguan jiwa. Metode penelitian ini melibatkan penyelenggaraan sesi psikoedukasi yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat. Informasi yang disampaikan mencakup pemahaman tentang gejala, penyebab, dan strategi pengelolaan gangguan jiwa. Metode evaluasi dilakukan melalui survei sebelum dan setelah penyelenggaraan sesi psikoedukasi, serta pengamatan partisipatif terhadap interaksi peserta. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait gangguan jiwa setelah mengikuti sesi psikoedukasi. Simpulan utama dari pengabdian ini adalah bahwa psikoedukasi deteksi dini mampu meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat terhadap gangguan jiwa, dengan potensi positif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental secara kolektif.
Kata Kunci: deteksi dini, gangguan jiwa, pengetahuan gangguan jiwa, psikoedukasi
Kata Kunci: deteksi dini, gangguan jiwa, pengetahuan gangguan jiwa, psikoedukasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/jso.v3i1.8329
Abstract views : 92 times
PDF : 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.