PENDAMPINGAN INOVASI PEMBELAJARAN BAGI GURU IPA PPG PRAJABATAN DI SMPN 24 MALANG

Agung Mulyo Setiawan, Nofenka Permata Islami

Abstract


Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan memiliki peran penting dalam membekali calon guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi guru yang profesional dan inovatif. Salah satu aspek penting dalam PPG adalah pendampingan guru dalam melakukan inovasi pembelajaran di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknis pendampingan Dosen kepada Guru IPA PPG Prajabatan dalam melakukan inovasi pembelajaran yang tepat di sekolah. Metode pendampingan yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap pelatihan, 3) tahap implementasi, dan 4) tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan selama pendampingan berupa lembar wawancara, modul pelatihan, lembar observasi, dan lembar evaluasi. Hasil dari kegiatan pendampingan kepada Guru IPA PPG Prajabatan meliputi: 1) penemuan masalah pembelajaran pada tahap persiapan; 2) penentuan materi pelatihan yang sesuai dengan masalah yang ditemukan; dan 3) penerapan inovasi pembelajaran di kelas dan melakukan observasi pada tahap implementasi; dan 4) identifikasi hambatan dan efek dari pelaksanaan inovasi pada tahap evaluasi.  Proses yang sistematis dan berkelanjutan dalam pelaksanaan pendampingan sangat membantu Guru IPA PPG Prajabatan dalam merancang dan menerapkan inovasi pembelajaran di sekolah. Dengan pendampingan yang tepat, Guru IPA PPG Prajabatan dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di institusi mereka.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jso.v3i2.8990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics
View My Stats