PENGENALAN DAN PELATIHAN APLIKASI CANVA SEBAGAI PROSES DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU-GURU MAN 4 TANAH DATAR
Abstract
Dalam rangka memperkuat Digitalisasi di seluruh Madrasah, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang menyelenggarakan kegiatan bertema Literasi Sains dan Teknologi di berbagai madrasah di Sumatera Barat. Salah satunya bertempat di MAN 4 Tanah Datar dalam bentuk pengenalan dan pelatihan aplikasi Canva. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital guru-guru MAN 4 Tanah Datar yang diarahkan dalam proses inovasi dan kreatifitas pembuatan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi beberapa proses yaitu Pemetaan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Proses kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pendampingan dari tim fasilitator Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang terhadap guru-guru di lingkungan MAN 4 Tanah Datar. Hasil kegiatan ini setiap guru MAN 4 Tanah Datar terikutsertakan dalam pelatihan membuat Media Pembelajaran berupa poster dan persentasi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Pelatihan Canva dengan model Workshop dianggap tepat untuk mengeluarkan potensi guru dalam belajar menggunakan aplikasi secara langsung.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/jso.v3i2.9730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.