TRADISI INTELEKTUAL PESANTREN; Mempertahankan Tradisi ditengah Modernitas

Rengga Satria

Abstract


Penelitian ini menemukan pesantren sebagai lembaga pendidikan indegious di Indonesia yang tetap mampu bertahan dalam menghadapi benturan modernitas. Pesantren yang dikenal dengan tradisi intelektualnya yang sangat khas, tetap menjaga jati dirinya di tengah pembaruan yang tidak bisa dihindari dalam dunia pendidikan. Selain mempertahankan tradisi intelektual yang sudah ada, pesantren juga harus mampu mangakomodir tantangan modernitas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dan tergolong dalam penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini mengumpulkan, mengolah dan menganalisis  data-data, menelaah buku-buku dan literatur terkait topik pembahasan

Keywords


Pesantren, Tradisi Intelektual, Modernitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1301
Abstract views : 810 times
PDF : 2273 times

References


Abd Moqsith Gazhali, Wajah Fiqh Islam Klasik. Tulisan ini merupakan makalah yang pernah disampaikan dalam pendidikan Islam Emansipatoris, kerjasaman P3M Jakarta dan Ma’had ‘Aly Situbondo pada tanggal 5-7 April 2003.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad 18 dan 19 M. Jakarta: Kencana, 2013.

Azra, Azyumardi. Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana ilmu, 2003.

Azyumardi Azra, Esai-Esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Bruinessen, Martin. Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan, 1992.

Dhofir, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan kiyai. Jakarta: LP3ES.

Djamal, Murni. Abdul Karim Amrullah: Pengaruhnya dan Gerakan Pembaruan Islam di Minangkabau pada Awal Abad ke 20. Jakarta: INIS, 2002.

Djamil, Abdul. Perlawanan Kiai Desa: Pemikiran dan Gerakan Islam KH Ahmad Rifa’I Kalisalak. Yogyakarta: LKIS, 2001.

Effendi, Djohan. Pembaruan Tanpa Membongkar Tradisi: Wacana Keagamaan di Kalangan Generasi Muda NU Masa

Florian Pohl, Islamic Education and Civil Society: Reflections on the Pesantren Tradition in Contemporary Indonesia. Comparative Education Review, Vol. 50, No. 3, Special Issue on Islam and Education (August 2006), pp. 389-409 Accessed: 11/12/2013 22:03.

Haedari, Amin. Transformasi Pesantren: Pengembangan Aspek Pendidikan, keagamaan, dan social . Jakarta: LeKDiS, 2006.

Hasani Ahmad Said, Meneguhkan Kembali Tradisi Pesantren di Nusantara, Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 9, No. 2,( Juli - Desember 2011). ISSN : 1693 – 6736.

Hefner, Robert W. Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia. Honolulu: University Hawai’I Press, 2009.

Husni Rahim, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2005.

Linda Herrera, Education, Islam, and Modernity: Beyond Westernization and Centralization. Comparative Education Review, Vol. 48, No. 3 (August 2004), 318, http://www.jstor.org/stable/10.1086/421179 (Accessed: 11/12/2013 21:59).

Madjid, Nurcholis. bilik-bilik pesantren: sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.

Martin Van Bruinessen, Kitab Kuning: Books In Arabic Script Used In The Pesantren Mileu: Comments on anew collection in the KITLV Library, Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde, Deel 146, 2de/3de Afl(1990), http://www.jstor.org/stable/27864122 (Accessed: 19/05/2014 02:03).

Mas’udi, Masdar F. Pandangan Hidup Ulama Indonesia dalam Literatur Kitab Kuning .Jakarta: LIPI, 1988.

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.

Nars, Seyyed Hossein, Traditional Islam In The Modern World . London: Kegan Paul International, 1987.

Nizar, Samsul. Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara . Jakarta: Kencana, 2013.

Noor, Farish A, Yoginder Sikand and Martin Van Bruinesee, The Madrasa Political Activism an Transnational Linkages. Amsterdam: Amsterdam University Press, 2007.

Ronald A. Lukens-Bull, Two Sides of the Same Coin: Modernity and Tradition in Islamic Education in Indonesia. Anthropology & Education Quarterly, Vol. 32, No. 3 (Sep., 2001), 352, http://www.jstor.org/stable/3195992 (Accessed: 04/03/2014 01:20).

Suparta, Mundzier. Perubahan Orientasi Pondok Pesantren salafiyah terhadap perilaku keagamaan Masyarakat. Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2009.

Yedullah Kazmi, Islamic Education: Traditional Education or Education of Tradition?. Islamic Studies, Vol. 42, No. 2 (Summer 2003), 262, http://www.jstor.org/stable/20837271 (.Accessed: 11/12/2013 22:01).

Zuhri, Berangkat dari Pesantren. Jakarta: Gunung Agung, 1987.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: turast@uinib.ac.id