RELASI AGAMA, BUDAYA DAN PERILAKU EKONOMI PADA POLA DAGANG ETNIS TIONGHOA KOTA PADANG
Abstract
Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tentang hubungan antara kepercayaan, kebudayaan
dan perilaku ekonomi etnis TiongHoa Kota Padang. Latar belakang penelitian adalah memperhatikan
keteguhan etnis TionHoa memegang teguh ajaran dan kebudayaan mereka serta keberhasilan mereka dibidang
perdagangan dimana saja berada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menghasilkan
data deskriptif. Pendeskripsisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan pola dagang etnis Tionghoa di kota
Padang yang dihubungkan dengan agama, budaya dan perilaku ekonomi. Sumber data dari penelitian
ini adalah etnis Tionghoa, di antaranya tokoh masyarakat dan pedagang. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah diperoleh data dari lapangan maka
dilakukan teknik analisis data.
Hasil penelitian menemukan bahwa keberhasilan etnis Tionghoa dalam perdagangan disebabkan oleh dua
faktor; Pertama adalah kemampuan mereka secara sosial dan budaya beradaptasi dengan masyarakat minang
tanpa menanggalkan simbol-simbol penting kebudayaan mereka. Kedua, pola dagang dan spirit konfusius
yang mereka miliki. Ajaran konfusius sangat mempengaruhi kepribadian mereka dalam melakukan usaha
seperti; relasi, kerja keras, kepercayaan, keuletan dan kekeluargaan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v4i1.338
Abstract views : 776 times
PDF : 979 times
References
Arbi. (2001). Sumber dan Pola Persaingan Ekonomi
Dagang Etnik Cina dan Melayu (Kasus Sungai
Pakning Bengkalis Riau). Bogor: Institut
Pertanian Bogor.
Chow, Gregory C. (2011). Memahami Dahsyatnya
Ekonomi China, Jakarta: IKAPI.
Damsar. (2009). Sosiologi Ekonomi. Bandung:
Prenada Media Group.
Detria Eka, Mulyaningtiyas. (tt). Penghayatan
Nilai-Nilai Konfusian Dalam Etos Kerja Etnis
Cina Di Bandung (Studi Fenomenologi Etnis
Cina Di Bandung). Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Ishardanti, Ria. (2011). Identitas Hibrid Tiong
Hoa: Studi Komunitas Cina Banyumas.
Depok: Universitas Indonesia.
Naisbitt, J. (1997). Megatrends Asia. New York:
Touchstone Rockefeller Center.
Pakpahan, Sorta Riana. (2008). Etika Bisnis Konfusian
dan Kesuksesan Pengelolaan Perusahaan Etnis
Cina di Indonesia (Studi Perusahaan kecap
Bango). Depok: Universitas Indonesia.
Ritzer, George and J. Goodman Douglas. (2003).
Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media.
Salim, Agus. (2007). Teori Sosiologi Klasik dan
Modern (sketsa pemikiran awal). Unnes Press.
Setio Kuncono, Ongky. (2013). Pengaruh Etika
Confucius Terhadap Kewirausahaan, Kemampuan
Usaha dan Kinerja Usaha Pedagang Eceran Etnis
Tionghoa di Surabaya.. Depok: Universitas
Indonesia.
Sinamo, Jansen. (2005). Delapan Etos Kerja
Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses.
Bogor: Grafika Mardi Yuana.
Suryadinata, leo. (1984). Dilemma minoritas
tionghoa di Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia.
Weber, Max. (1985). Etika Protestan Dan Semangat
Kapitalisme. New York: Charles Scribner's
Sons.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id