RELASI AGAMA, BUDAYA DAN PERILAKU EKONOMI PADA POLA DAGANG ETNIS TIONGHOA KOTA PADANG

Al Muhammad Nur

Abstract


Penelitian ini berjudul: Relasi Agama, Budaya, Perilaku Ekonomi pada Pola Dagang Etnis Tionghoa Kota
Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tentang hubungan antara kepercayaan, kebudayaan
dan perilaku ekonomi etnis TiongHoa Kota Padang. Latar belakang penelitian adalah memperhatikan
keteguhan etnis TionHoa memegang teguh ajaran dan kebudayaan mereka serta keberhasilan mereka dibidang
perdagangan dimana saja berada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menghasilkan
data deskriptif. Pendeskripsisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan pola dagang etnis Tionghoa di kota
Padang yang dihubungkan dengan agama, budaya dan perilaku ekonomi. Sumber data dari penelitian
ini adalah etnis Tionghoa, di antaranya tokoh masyarakat dan pedagang. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah diperoleh data dari lapangan maka
dilakukan teknik analisis data.
Hasil penelitian menemukan bahwa keberhasilan etnis Tionghoa dalam perdagangan disebabkan oleh dua
faktor; Pertama adalah kemampuan mereka secara sosial dan budaya beradaptasi dengan masyarakat minang
tanpa menanggalkan simbol-simbol penting kebudayaan mereka. Kedua, pola dagang dan spirit konfusius
yang mereka miliki. Ajaran konfusius sangat mempengaruhi kepribadian mereka dalam melakukan usaha
seperti; relasi, kerja keras, kepercayaan, keuletan dan kekeluargaan.

Keywords


gama, Budaya dan Perilaku Ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v4i1.338
Abstract views : 783 times
PDF : 991 times

References


Arbi. (2001). Sumber dan Pola Persaingan Ekonomi

Dagang Etnik Cina dan Melayu (Kasus Sungai

Pakning Bengkalis Riau). Bogor: Institut

Pertanian Bogor.

Chow, Gregory C. (2011). Memahami Dahsyatnya

Ekonomi China, Jakarta: IKAPI.

Damsar. (2009). Sosiologi Ekonomi. Bandung:

Prenada Media Group.

Detria Eka, Mulyaningtiyas. (tt). Penghayatan

Nilai-Nilai Konfusian Dalam Etos Kerja Etnis

Cina Di Bandung (Studi Fenomenologi Etnis

Cina Di Bandung). Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Ishardanti, Ria. (2011). Identitas Hibrid Tiong

Hoa: Studi Komunitas Cina Banyumas.

Depok: Universitas Indonesia.

Naisbitt, J. (1997). Megatrends Asia. New York:

Touchstone Rockefeller Center.

Pakpahan, Sorta Riana. (2008). Etika Bisnis Konfusian

dan Kesuksesan Pengelolaan Perusahaan Etnis

Cina di Indonesia (Studi Perusahaan kecap

Bango). Depok: Universitas Indonesia.

Ritzer, George and J. Goodman Douglas. (2003).

Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media.

Salim, Agus. (2007). Teori Sosiologi Klasik dan

Modern (sketsa pemikiran awal). Unnes Press.

Setio Kuncono, Ongky. (2013). Pengaruh Etika

Confucius Terhadap Kewirausahaan, Kemampuan

Usaha dan Kinerja Usaha Pedagang Eceran Etnis

Tionghoa di Surabaya.. Depok: Universitas

Indonesia.

Sinamo, Jansen. (2005). Delapan Etos Kerja

Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses.

Bogor: Grafika Mardi Yuana.

Suryadinata, leo. (1984). Dilemma minoritas

tionghoa di Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia.

Weber, Max. (1985). Etika Protestan Dan Semangat

Kapitalisme. New York: Charles Scribner's

Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id