PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Arvini Yorianda, Zulmuqim Zulmuqim, Rehani Rehani

Abstract


Tujuan penelitian ini  adalah untuk memperoleh data sehingga diketahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa, gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar, dan pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Padang sebanyak 792 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportional Startified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel 89 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan studi dokumentasi. Pengolahan data dengan cara uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik didapatkan hasil thitung=4,290>ttabel=1,663  dengan ρ=0,000<α=0,05 dan persentase pengaruh 17,5%. (2) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik didapatkan hasil thitung=3,589>ttabel=1,663 dengan ρ=0,001<α=0,05 dan persentase pengaruh 12,9%. (3) Terdapat pengaruh  positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Padang. Berdasarkan perhitungan statistik didapatkan hasil Fhitung=11,645> Ftabel =3,10 dengan ρ=0,000<α=0,05 dan persentase pengaruh 21,3%.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar Siswa, Prestasi Belajar


References


DAFTAR RUJUKAN

Buku:

Basri, Hasan. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hernacki, Mike dan Bobbi Deporter. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Lestari, Sri, (2016) Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga, Jakarta: Prenadamedia Group

Murisal, (2017) Psikologi Pendidikan & Aplikasinya dalam Pendidikan, Padang: Imam Bonjol Press

Purwanto, Ngalim, (2006) Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan, (2015)Belajar Mudah Penelitian; untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta

Risnawita, Rini dan Nur Ghofron, (2013) Gaya Belajar Kajian Teoritik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Santrock, John W. (2007). Masa Perkembangan Anak Edisi 2. Jakarta: Erlangga

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Slameto, (2010) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Zain, Aswan dan Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Jurnal:

Regina Sipayung. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V di SD Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadong. Jurnal Ilmiah Maksitek, Vol. 3, No. 4. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/34

Novi Puji Sri Lestari. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), Vol.1 No. 1. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/1823


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i2.1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.