KINERJA GURU DALAM MENCIPTAKAN INOVASI PEMBELAJARAN
Abstract
Rendahnya kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya siswa yang bermain dalam belajar, keluar masuk ruangan, mengganggu teman dalam belajar. Siswa mengatakan bahwa pembelajaran PAI membosankan. Untuk itu, guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menciptakan inovasi metode, media dan strategi pembelajaran agar tujuan pendidikan agama Islam bisa tercapai. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di lapangan tentang inovasi metode, media dan strategi pembelajaran sudah dilakukan oleh guru namun guru mengalami beberapa kendala dalam menerapkannya seperti keterbatasan fasilitas yang ada seperti terbatasnya arus listrik, air yang kurang memadai, waktu pembelajaran yang kurang efektif, kemudian guru masih kesulitan mengubah paradigma teacher center pada student center.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Daradjat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2004
Irpan, dkk, Reformulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Nur Insani, 2003
Maleong, J. Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005
Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Surabaya: Masmedia Buana Pustaka, 2009
Syafruddin, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group, 2008
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta: Sinar Grafika, 2003
Zakiah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
DOI: 10.15548/mrb.v4i1.2321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.