KINERJA GURU DALAM MENCIPTAKAN INOVASI PEMBELAJARAN

Andeska Juli Dasmana

Abstract


Rendahnya kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya siswa yang bermain dalam belajar, keluar masuk ruangan, mengganggu teman dalam belajar. Siswa mengatakan bahwa pembelajaran PAI membosankan. Untuk itu, guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menciptakan inovasi   metode, media dan strategi pembelajaran agar tujuan pendidikan agama Islam bisa tercapai. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di lapangan tentang  inovasi metode, media dan strategi pembelajaran sudah dilakukan oleh guru namun guru mengalami beberapa kendala dalam menerapkannya seperti keterbatasan fasilitas yang ada seperti terbatasnya arus listrik, air yang kurang memadai, waktu pembelajaran yang kurang efektif, kemudian guru masih kesulitan mengubah paradigma teacher center pada student center.


Keywords


Kinerja Guru, Inovasi pembelajaran, Metode, Media, Strategi Pembelajaran

References


Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Daradjat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2004

Irpan, dkk, Reformulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Nur Insani, 2003

Maleong, J. Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005

Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Surabaya: Masmedia Buana Pustaka, 2009

Syafruddin, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group, 2008

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta: Sinar Grafika, 2003

Zakiah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i1.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.