MODEL SNOWBALL THROWING DAN MEDIA POWERPOINT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMUNIKASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Zulvia Trinova, Aprizal Ahmad, Intan Maharani

Abstract


Kemampuan komunikasi pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX di MTsN 4 Agam tergolong rendah, disebabkan karena siswa tidak dilatih untuk mengeluarkan pendapatnya ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Cara yang digunakan guru didominasi dengan metode ceramah, sesekali guru telah menggunakan kooperatif namun pelaksanaannya belum mampu meningkatkan komunikasi pembelajaran peserta didik. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan kelas eksperimen dan kelas control sebagai sampel. Kelas eksperimen menggunkan model Snowball Throwing berbantuan media PowerPoint dan kelas kontrol menggunakan model Ekspositori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Purpossive Sampling. Analisis data yang adalah Uji-t dan regresi linear sederhana. Model Snowball Throwing berbantuan media Powerpoint berpengaruh terhadap komunikasi Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Agam sebesar 70,8% sedangkan 29,2% lagi kemungkinan disebabkan oleh faktor lain yang belum diteliti.


Keywords


Model Snowball Throwing, Powerpoint, Komunikasi, Pembelajaran Akidah Akhlak

References


Agus, Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Hanafi, Abdul Halim. 2017. Metodologi Penelitian Kependidikan. Bandung: Hakim Publishing.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jamili, Laili Said. Vol. 5 No. 2, 2019.Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Snowball Throwing.Jurnal Education FKIP UNMA.

Kadir. 2015. Statistik Terapan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Rajawali Press.

Riyanto, Yatim. 2014.Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesiojalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i1.2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.