Pembelajaran Online Era Pandemi Covid 19 di Lingkungan Madrasah Kota Padang

Muhammad Zalnur, Abdul Basit

Abstract


Pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) merupakan salah satu ikhtiar dari solusi pembelajaran pada era pandemi covid 19 sekarang ini. Tulisan ini ingin melihat bagaimana return umpan balik atau respon dari praktik pembelajaran online di madrasah. Pertanyaan penelitian dirumuskan: Bagaimana pengembangan pembelajaran online di madrasah? Metode penelitian yang digunakan adalah  kualitatif dengan menelaah lebih dalam tentang kecenderungan madrasah dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar merespon suasana Pandemi Covid 19 dengan mempertajam pada studi dua kasus madrasah. Kasus yang dipilih adalah pengembangan pembelajaran online di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah  Aliyah Negeri se Kota Padang. Penelitian ini menyimpulkan tidak berjalannya pembelajaran online di madrasah adalah karena anggapan bahwa handphone/gadget/android lebih banyak memberikan madhorot dari pada manfaat bagi perkembangan pendidikan di madrasah. Hal ini menjadi sumber masalah utama gagapnya madrasah dalam menghadapi pembelajaran online di masa pandemi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan baru terkait penggunaan teknologi komunikasi di madrasah. Kalau selama ini masih dilarang, ke depan perlu akses tertentu agar siswa boleh menggunakan media komunikasi dalam mengembangkan pembelajaran.


Keywords


Pandemi covid 19; Pembelajaran online; Madrasah

References


Abidin, Zainal, Rumansyah, and Kurniawan Arizona. 2020. “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan.

Arifin, Haris Nursyah. 2020. “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Al Amin Tabanan.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi 5(9).

https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/47/40.

Discenza, Richard, Caroline Howard, and Karen D. Schenk. 2002. The Design and Management of Effective Distance Learning Programs.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. 2020. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia.

Khusniyah, Nurul Lailatul, and Lukman Hakim. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Tatsqif.

Oktawirawan, Dwi Hardani. 2020. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Padli, Feri, and Rusdi. 2020. “Respon Siswa Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi.” Social Landscape Journal 1(3): 1–7. http://103.76.50.195/SLJ/article/view/ 14508.

Pujiasih, Erna, and S M A Negeri Bantul. 2020. “Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Building a Golden Generation By Applying Various Online Learning in the Pandemic of Covid-19.” Jurnal Karya Ilmiah Guru.

Setyorini, In. 2020. “Pandemi COVID-19 Dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?” Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR).

Viner, Russell M. et al. 2020. “School Closure and Management Practices during Corona virus Outbreaks Including COVID-19: A Rapid Systematic Review.” The Lancet Child and Adolescent Health.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i1.2628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.