Kompetensi Pedagogik dan Profesional Mahasiswa Jurusan PAI pada Pelaksanaan PPL Tahun Akademik 2017/2018

Dinasril Amir, Abdul Basit

Abstract


Penelitian ini membahas kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa dalam pelaksanaan PPL, program studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Adapun tempat penelitiannya di sekolah-sekolah atau madrasah di mana mahasiswa program Studi Pendidikan Agama Islam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode: 1) Angket, yaitu data tentang kompetensi pedagogik dan profesional dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik dan profesional; 2) Dokumentasi, yaitu untuk mengetahui data-data yang berhubungan dengan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Hasil penelitian ini menunjukah bahwa: (1) Dari segi kompetensi pedagogik, calon pendidik (Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) Dilihat dari data angket Mendapatkan nilai persentase 79%, dan nilai tersebut menunjukan bahwa kompetensi pedagogik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2011 dikategorikan baik. Yakni, dalam kemampuan pemahaman karakter peserta didik dengan nilai presentase 76% (baik), perencanaan dan  pelaksanaan pembelajaran dengan nilai presentrase 79% (baik) , serta dalam melakukan evaluasi dan penilaian dengan nilai presentrase 76% (baik) (2) Dari segi kompetensi profesional, calon pendidik (Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) dilihat dari data angket mendapatkan nilai persentase 82%. Dan nilai tersebut menunjukan bahwa kompetensi profesional Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2011 dikategorikan baik sekali. Yakni dalam penguasaan materi ajar dalam pembelajaran dengan nilai presentase 86% (baik sekali,) keahlian dalam menggunakan media pembelajaran dengan nilai presentase 82% (baik sekali), serta dalam kontekstual atau menghubungkan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari peserta didik dengan nilai presentase 90% dan dikategorikan (baik sekali).

References


Arikunto, Suharsimi 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Daulay, Haidar Putra. 2004, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media

Departemen Agama RI, 2005, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Fakhrudin, Asef Umar. 2009, Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta: Diva Press, 2009.

Majid, Abdul. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2011, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v1i1.284

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.